Aksi Risqina Akbar saat mewakili SMK Ibnu Khaldun di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Risqina Akbar begitu serius menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Siswa SMK Ibnu Khaldun tersebut aktif mengikuti perkembangan penyelenggaraan regional qualifiers di masing-masing kota. Khsusnya, memantau bagaimana klasemen sementara para juara qualifiers. 

"Banyak yang sebenarnya aku belum tahu sebelum mempersiapkan ini. Mantau terus sampai hampir nggak tidur. Tapi alhamdulillah kali ini sudah cukup siap dan optimis. Dan saat ini belum deg-degan cuman nggak tahu nanti pas hari H gimana, hehehe," kelakar Risqina. 

Untungnya, Risqi -begitu ia kerap disapa- mendapatkan arahan dari sang pelatih, Agus Supratman, untuk fokus pada diri sendiri. Pasalnya, sang pelatih menyebut bahwa musuh terbesar semua orang adalah dirinya sendiri. "Jadi ya, bilang kalau nggak perlu buat melihat siapa lawan kita," katanya. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Risqi berlatih penuh. Bahkan hingga liburan akhir tahun. Juara tolak peluru putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers tersebut fokus untuk menambah program latihan dan memperbaiki teknik. 

Dengan latihan yang sungguh-sungguh, Risqi berharap dirinya dapat kembali meraih juara dan membanggakan kontingen Cirebon. Apalagi, ini merupakan kompetisi nasional pertamanya. Setelah meraih podium ketiga POPDA di Jawa Barat beberapa waktu lalu. "Sebelumnya nggak ngejar target. Tapi Sekarang lumayan ngejar target," ungkap Risqi. 

Baca Juga: Pindah dari Estafet, Risqina dari SMK Ibnu Khaldun Raih Juara di Tolak Peluru

Nantinya, Risqi akan bertemu 287 lainnya yang juga akan berlaga di babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia 2023. Babak puncak kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 18-20 Januari 2024. Yang berlokasi di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Baca Juga: SAC Indonesia National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES