Kompetisi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers

Regional qualifiers Bali Nusra dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 tak kalah seru. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu diselenggarakan di Stadion Oeipoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ada banyak fakta menarik dari penyelenggaraan musim ini. Kira-kira apa saja? Berikut deretan fakta menariknya. 

1. Kota Baru Tak Kalah Seru

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers diselenggarakan di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ini merupakan pertama kalinya Bali Nusra Qualifiers digelar di Kupang. Pada musim sebelumnya, Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat. 

2. Muncul Juara dari Bali dan Nusa Tenggara Barat

Meskipun diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers ada yang berasal dari Bali maupun Nusa Tenggara Barat. Misalnya, Sang Ayu Putu Devitasari dari Kintamani, Bali dan Muhammad Faiz Al Farizi dari SMA Darul Praya, Nusa Tenggara Barat. 

3. Kawin Gelar Middle Distance 1.000m 

SMAN 7 Kupang meraih kawin gelar middle distance 1.000m dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Di sektor putra, Alan Sae berhasil meraih podium pertama dengan perolehan waktu 3 menit 14 detik. Sementara di sektor putri ada Venti Rowina Nope dengan catatan 3 menit 34,70 detik. 

4. Menjadi Salah Satu Kompetisi Setelah 5 Tahun

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers merupakan kompetisi pelajar terbesar pertama setelah penyelenggaraan 5 tahun. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

 

  RELATED ARTICLES