Taffarel Juan Chrissanto dari SMAN 2 Kota Tangsel saat bersaing di Jakarta Banten Qualifiers

Babak regional qualifiers dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 menyimpan banyak momen epik para peserta. Terutama di nomor lintasan, yang pada umumnya terjadi saat finis. Mulai dari Sumatera Qualifiers hingga East Java Qualifiers, para juara tak hanya berusaha menjadi yang tercepat. Melainkan juga memamerkan gaya terbaik mereka.

Berikut adalah enam momen finis paling epik dalam gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023: 

1. Arfiansyah Adi Yuliarta (SMA Hang Tuah 1, Surabaya)

Nama Arfiansyah Adi Yuliarta menjadi topik hangat dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya itu berhasil memecahkan rekor 100m putra dengan perolehan waktu 10,86 detik. Ini merupakan pertama kalinya penyelenggaraan SAC Indonesia memiliki juara dengan catatan waktu 10 detik. 

Sebelumnya, Arfiansyah juga pernah bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2022, dan belum beruntung di babak National Championship. 

2. Arfi Al Mughni (MA Islahul Amanah, Bandung) 

Babak final 1.000 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers berlangsung menakjubkan. Bagaimana tidak?

Usai melalui tikungan terakhir, terdapat tiga peserta yang bersaing ketat. Tiga orang tersebut adalah Arfi Al Mughni (MA Islahul Amanah), Sigit Sandilatama (SMAN 3 Cibinong) dan Rama Saputra (SMAN 7 Cirebon). 

Namun, Arfi Al Mughni berhasil menjuarai 1.000 meter putra. Siswa MA Islahul Amanah itu finis tercepat dengan perolehan 2 menit 52,14 detik. Kemudian dilanjutkan dengan peroleh 2 menit 52,14 detik. Disusul dengan Sigit Sandilatama dari SMAN 3 Cibinong.  Yang mencatatkan waktu 2 menit 52,15 detik. Terakhir, Rama Saputra berhasil meraih waktu 2 menit 52,16 detik. 

3. Taffarel Juan Chrissanto (SMAN 2 Kota Tangsel)

Taffarel Juan Chrissanto dari SMAN 2 Kota Tangsel adalah juara middle distance 1.000m Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Dalam babak final yang diselenggarakan di Stadion Rawamangun Jakarta, Taffarel berhasil lolos dari kejaran Jastin Gatlin (SMA IGN Slamet Riyadi Jakarta). Jastin jatuh di 10 meter terakhir mendekati garis finis. 

4. Fadli Nurhadi Amin (SMAN 4 Pandeglang)

Fadli Nurhadi Amin menjadi salah satu pemilik momen finis terepik dalam final 100m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Meskipun tidak ada gaya khusus yang ditampilkan olehnya, proses menunggu penentuan juara Fadli begitu menegangkan. 

Fadli dan dua peraih podium lainnya finis hampir bersamaan dengan selisih waktu 0,01 detik. Mewakili SMAN 4 Pandeglang, Fadli finis dengan catatan waktu 11,62 detik. Disusul oleh Yasir Amri Rachman dari SMAN 5 Kota Tangerang Selaan dengan waktu 11,63 detik dan ada Adzkira Putra Ramadhan dari MAN 2 Jakarta dengan waktu 11,64 detik. 

5. Sindu Krisna Mukti (SMK PGRI Cepu)

Sindu Krisna Mukti dari SMK PGRI Cepu pemilik finis epik asal Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Pasalnya, juara middle distance 1.000m putra itu tak leading di putaran pertama, hingga akhirnya memimpin babak puncak dengan catatan waktu 2 menit 42,07 detik. 

  RELATED ARTICLES