Berliana BR Barus di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Berliana BR Barus punya performa yang membanggakan di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Ia berhasil menjadi juara nomor lompat jauh putri. Menjelang babak National Championship, Berliana membagikan proses latihannya. Termasuk rahasia kondisi fisiknya yang prima.

Siswa kelas XI di SMA Masehi Biru-Biru ini berhasil menjadi juara lompat jauh putri dengan lompatan 4,54 meter. Pada SAC Indonesia musim lalu, Berliana juga berkompetisi di nomor ini, tetapi harus puas di posisi keempat. Tahun ini ia berhasil membuktikan bahwa dirinya layak menjadi juara.

Berkat kemenangannya, Berliana melaju ke babak National Championship. Ia melakukan sederet persiapan agar bisa menjadi juara. “Banyak latihan buat jadi juara di National Championship. Latihan lari dan juga lompat jauh tentunya,” ungkapnya. Ia menjelaskan bahwa ia berlatih setiap hari. Di pagi hari, Berliana berlatih selama dua jam. Di sore hari, ia latihan kembali selama tiga sampai empat jam.

Berliana tak bisa intens latihan tanpa dukungan dari orang-orang terdekat, salah satunya orang tua. Untuk meningkatkan kondisi tubuh selama latihan, orang tua Berliana membuatkannya ramuan khusus.

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Ramuan spesial ini berupa puding telur ayam kampung dan rempah berupa daun-daun herbal yang berfungsi menjaga kondisi tubuh tetap sehat. “Manfaatnya supaya tubuh tetap fit dan menghilangkan rasa sakit di kaki setelah latihan,” kata Berliana.

Meski telah berhasil jadi juara lompat jauh putri di Sumatera Qualifiers dan sedang menjalani latihan intens, Berliana tak lepas dari rasa khawatir. Ia cukup gugup melihat regional qualifiers lain dengan selisih perolehan yang sangat ketat.

Meski begitu, ia mendapatkan dukungan dari orang tua dan pelatih. “Mereka sangat mendukung aku. Mereka mengingatkanku untuk terus latihan, banyak berdoa, tidak lupa ibadah, dan selalu bersyukur,” ujar Berliana.

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Berliana akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Gak sabar ke Solo. Bisa dapat teman dari berbagai lingkungan. Bisa mengenal lingkungan baru. Dapat pengalaman baru. Ini juga kali pertama pengalaman ke luar kota naik pesawat,” kata Berliana dengan antusias.

Baca juga: Delegasi SMA Masehi Biru Biru Menangi Lompat Jauh Putri di Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar berpotensi dari enam Regional Qualifiers yaitu Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra, dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar paling terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

  RELATED ARTICLES