Berliana BR Barus dari SMA Masehi Biru Biru saat beraksi di nomor lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

SMA Masehi Biru Biru punya delegasi yang patut diperhitungkan. Ia adalah Berliana BR Barus. Siswa kelas XI yang berhasil meraih juara di nomor lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Berliana berhasil menguasai podium pertama dengan perolehan lompatan 4,54 meter. Dengan begitu, Berliana berhasil melaju ke babak National Championship. 

Ini menjadi kedua kalinya bagi Berliana ikut serta dalam SAC Indonesia. Tahun lalu, ia juga ikut. Hanya saja belum berkesempatan menempati posisi pertama. "Cukup bersyukur untuk hari ini. Apalagi, hari ini juara. Semoga di nasional bisa lebih baik dari sebelumnya," kata Berliana, saat ditemui usai berlomba. 

Perolehan Berliana mengalahkan Novitria Indriarti Hasibuan dari SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan, yang merupakan juara lompat jauh putri tahun lalu. Hasil lompatan Novitria tahun ini turun dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada penyelenggaraan SAC Indonesia 2022 Novitria berhasil mencatatakan 4,59 meter, tahun ini ia mengantongi jarak 4,36 meter. 

Sementara itu, di posisi ketiga ada Winda Theresia dari SMAN 4 Kisaran. Meskipun baru terjun di lompat jauh, ia berhasil menduduki posisi ketiga. Catatannya cukup tajam. Yakni 3,94 meter. Dengan perolehan Winda, SMAN 4 Kisaran telah membawa pulang dua medali di nomor lompat jauh. 

Baca Juga: Novitria Indriarti Hasibuan Debut di Formula One, Juara di Lompat Jauh

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan ada yang dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Hasil Lompat Jauh Putri di Sumatera Qualifiers:

1. Berliana BR Barus (SMA Masehi Biru Biru) - 4,54 meter

2. Novitria Indriarti Hasibuan (SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan) - 4,36 meter

3. Winda Theresia (SMAN 4 Kisaran) - 3,94 meter

  RELATED ARTICLES