Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia singgah di Jawa Tengah pada penyelenggaraan musim lalu. Bertajuk Central Java Qualifiers, kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu digelar di GOR Tri Lomba Juang, Semarang. Sebanyak 2,000 pelajar di Jawa Tengah berkumpul untuk meraih titel champion pada penyelenggaraan musim lalu.

Salah satu hal yang tak terlupakan dari penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022-Central Java Qualifiers adalah deretan pecah rekornya. Mulai dari nomor lintasan hingga nomor lapangan, catatan hasil Central Java Qualifiers begitu mengesankan dari hasil keseluruhan Energen Champion SAC Indonesia 2022. 

Rekor pertama yang tercipta dalam gelaran Central Java Qualifiers tahun 2022 terjadi di nomor tolak peluru putri. Salsyabila Aprilianti dari SMAN 3 Tegal berhasil mencetak jarak 10,20 meter. Sebelumnya, rekor tolak peluru putri dipegang oleh Hana Hany Sormin dari SMAN 104 Jakarta, dengan perolehan 8,59 meter. 

Salsyabila Aprilianti kembali mengukuhkan namanya di babak National Championship. Meraih juara, Salsyabila mencetak rekor dengan perolehan 10,54 meter. Ia kemudian menjadi salah satu wakil Indonesia di Australia Tour dan meraih juara dalam Athletics West Track and Field State Championship. Hingga saat ini, rekor Syalsabila masih bertahan. Siapa yang akan menggantikan? Masih harus dilihat.

Baca Juga: Energen Champion SAC Indonesia Kembali Hadir di Jateng, Buruan Daftar!

Rekor kedua yang tak kalah mengesankan adalah milik Aziyyati Dina Amalina untuk nomor 1.000 meter putri. Catatan waktunya tajam, yakni 3 menit 27,03 detik. Siswi SMAN 1 Pabelan, Semarang itu berhasil menggeser Gusti Kadek Widiyartini dari SMAN 4 Singaraja, Buleleng yang sebelumnya memegang rekor 1.000 meter putri dengan waktu 3 menit 31,13 detik. 

Aziyyati Dina Amalina juga meraih juara di babak National Championship. Siswi yang kerap disapa Dina tersebut berhasil menjadi bagian dari Australia Tour. Rekor yang dipegang oleh Dina tersebut bertahan hingga saat ini.

Rekor ketiga dicetak oleh skuad dari SMKN 1 Bawang, Banjarnegara di nomor 4x100 meter putri. Dengan perolehan waktu 54,84 detik. Srikandi sekolah tersebut berhasil menggeser rekor yang dipegang oleh SMAN 9 Surabaya dengan catatan 56,03 detik. 

Pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers telah dibuka pada Kamis, 27 Juli 2023. Pelajar dari kelas reguler tingkat SD, SMP dan SMA bisa langsung mendaftar melalui website www.sacindonesia.com. Periode pendaftaran untuk Central Java Qualifiers akan berlangsung pada 27 Juli-29 Oktober.  (*)

  RELATED ARTICLES