Final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Setelah ngomongin banyak hal soal nomor beregu dan lari jarak menengah, kini SAC Indonesia bakal nunjukin top 5 catatan waktu terbaik di nomor 100m putra. Salah satu nomor bergengsi di SAC Indonesia. Yang tentunya saat ini penuh dengan pergantian klasemen. Penasaran siapa saja yang berada di urutan teratas? Ini waktunya:

1. Arfiansyah Adi Yuliarta (SAC 2023)

Nama Arfiansyah Adi Yuliarta begitu menggemparkan dunia atletik Jawa Timur. Bagaimana tidak? Dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, siswi SMA Hang Tuah 1 Surabaya itu sukses mencatatkan waktu 10,86 detik di nomor sprint 100m putra. Catatan tersebut langsung menggeser rekor SAC milik Yogi dengan waktu 11,06 detik. Selain karena menjuarai East Java Qualifiers, Arfiansyah juga menjadi peserta pertama yang menembus waktu 10 detik. 

2. Yogi Saputra (SAC 2022)

Siapa sih yang nggak kenal Yogi Saputra? Juara National Championship 2022 di nomor 100m putra. Siswa SMAN 1 Surade itu memegang rekor SAC dengan perolehan waktu terbaiknya 11,06 detik. Sayangnya, rekor tersebut tak bertahan lama, sebelum Arfiansyah memecahkannya di East Java Qualifiers 2023 dengan waktu 10,86 detik. 

3. Ahmad Zacky Alfirdaus (SAC 2023)

Ahmad Zacky Alfirdaus tak kalah mentereng di penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia. Siswa SMAN 1 Jepon itu menjuarai Central Java Qualifiers 2023 dengan catatan waktu yang begitu menakjubkan. Zacky -panggilannya- finis terdepan dengan perolehan waktu 11,07 detik. Nyaris memecahkan rekor yang saat itu masih dipegang oleh Yogi Saputra. 

4. Sulaifan Fatkhurizqi Al Rasyid (SAC 2022)

Nama Sulaifan Fatkhurizqi Al Rasyid juga begitu fenomenal di SAC Indonesia. Alumni SMA Sejahtera Surabaya itu menempati posisi runner up di babak final National Championship 2022. Saat itu, Sulaifan menjadi pesaing terberat Yogi Saputra. Catatan terbaik Sulaifan saat ini termasuk Top 5 teratas dengan perolehan waktu 11,13 detik. 

5. Rafi Septian Rosad (SAC 2023)

Rafi Septian Rosad merupakan juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Siswa SMAN 1 Ciamis itu mencatatkan waktu 11,14 detik. Dengan begini, Rafi akan melenggang ke babak National Championship. 

Baca Juga: Pelatih Sebut Mental dan Motivasi Arfiansyah di Atas Rata-Rata

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES