Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, berhasil membuat kejutan pada penyelenggaraan Asian Games 2023. Atlet asal NTB itu menjadi yang tercepat dalam babak semifinal nomor 100 meter putra. Membuatnya melaju ke babak final. 

Dalam perlombaan yang digelar di Hangzhou Olympics Sports Centre, Tiongkok, pada Sabtu, 30 Septemmber 2023, Lalu Zohri berhasil mencatatkan waktu 10,12 detik. Dengan posisi start di lintasan ke tujuh. 

Lalu Zohri unggul tipis atas atlet pelari Malaysia M Azeem Bin Mohd Fahmi yang memiliki waktu 10,17 detik. Juga Bahrain Saeed Saad, yang mengantongi waktu Saeed Saad Alkhaldi. Yang mencatatkan waktu 10,19 detik. 

Angka 10,12 detik tersebut merupakan waktu terbaik Zohri tahun ini. Sebelum melangkah ke semifinal, Zohri sempat melakukan babak kualifikasi untuk Asian Games 2023. Ia bersaing di heat 5 dan berhasil menuntaskan perlombaan dengan catatan 10,22 detik. 

Di babak final Asian Games 2023 untuk 100 meter putra, Zohri berhadapan dengan beberapa pelari dunia. Salah satunya adalah sprinter tuan rumah yang melegenda. Yakni Xie Zhenye. Ia berhasil memperoleh waktu 10,03 detik. 

Baca Juga: Sempat Enggan, Kini Lalu Zohri Jatuh Cinta dengan Atletik

Tak hanya itu, Zohri juga berhadapan dengan sprinter Thailand kelas dunia. Yakni Puripol Boonson. Yang finis 10,06 detik di belakang Xie Zhenye dalam babak semifinal. 

Kepiawaian Zohri dalam lari jarak pendek membuatnya menjadi salah satu pelari Indonesia yang mendunia. Hingga saat ini, Indonesia masih mengandalkan Zohri dalam berbagai kompetisi atletik internasional. Mulai dari SEA Games, Asian Games, hingga World Athletics Championships. 

Sebagai informasi, catatan waktu terbaik Zohri saat ini adalah 10,03 detik. Yang berhasil diperolehnya dalam kejuaraan Golden Grand Prix Osaka 2019 silam. Ia pernah menjuarai World U20 Championships tahun 2018 dengan perolehan 10,18 detik. 

Tahun ini, Zohri mencatatkan sejarah sebagai salah satu skuad estafet 4x100 meter putra Indonesia di SEA Games Kamboja 2022. (*)

  RELATED ARTICLES