Aksi Inna Nurul di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Middle distance 1.000m putri menjadi salah satu perlombaan terseru di Energen Champion SAC Indonesia. Bahkan, di SAC Indonesia 2023 terdapat dua kali pecah rekor di nomor tersebut. Hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan gelaran acara tersebut. Buat kamu yang penasaran, siapa top klasemen middle distance 1.000m putri Energen Champion SAC Indonesia, berikut daftarnya: 

1. Inna Nurul Ma'Rifatin

Inna Nurul Ma'Rifatin merupakan pemegang rekor SAC Indonesia di middle distance 1.000m putri. Siswi MAN 5 Bojonegoro terus masih memegang perolehan waktu 3 menit 21,07 detik. Inna mencatatkan perolehan tersebut dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sebelumnya, Inna Nurul merupakan juara dari East Java Qualifiers 2022 dan melaju ke babak National Championship.

2. Ameli Yadewi Wulandari

Ameli Yadewi Wulandari berhasil menempati posisi kedua dalam Top 5 klasemen catatan waktu middle distance putri musim ini. Siswi MAN 5 Bojonegoro tersebut sukses mencatatkan perolehan 3 menit 21,586 detik. 

3. Vira Chazinatuss'ab

Vira Chazinatuss'ab adalah salah satu peserta mentereng di Energen Champion SAC Indonesia. Siswa SMAN 7 Cirebon tersebut sempat memegang rekor SAC di nomor 1.000m putri dengan catatan waktu 3 menit 23,72 detik. Catatan waktu tersebut Vira ciptakan di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sebelumnya, Vira merupakan juara dari West Java Qualifiers 2022 dan melaju ke babak National Championship. 

4. Aziyyati Dina Amalina

Aziyyati Dina Amalina merupakan pemegang rekor SAC pada musim perdana. Siswi SMAN 1 Pabelan itu memimpin klasemen dengan perolehan 3 menit 24,49 detik. Namun, tak lama, Vira memecahkan rekor Dina -panggilannya- mencetak waktu tersebut dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC National Championship. 

5. Nur Aslamiyah Irja Pasa

SMAN 3 Salatiga memiliki salah satu siswa yang patut diperhitungkan. Adalah Nur Aslamiyah Irja Pasa, yang berhasil meraih podium kedua di Energen Champion SAC National Championship. Saat ini, Pasa -panggilannya- berada di top 5 klasemen, dengan perolehan waktu 3 menit 24,93 detik. Perolehan tersebut ia raih di babak National Championship 2022. 

Pada musim 2023, Pasa akan kembali bersaing di babak puncak. Ia akan berlaga Bersama juara regional qualifiers lainnya di National Championship 2023. 

Baca Juga: Enam Regional Qualifiers Energen Champion SAC Indonesia 2023 Tuntas Digelar

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES