Babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Skuad relays 4x100m putra SMAN 4 Malang berhasil menembus babak National Championship. Hal itu terjadi usai meraih podium kedua dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, Minggu, 10 Desember 2023. Perlombaan yang diselenggarakan di Lapangan THOR, Surabaya, Jawa Timur itu melihat catatan waktu 45,307 detik. 

Digawangi oleh Jovanda Dio Satriya Zajuli, Peither Ramadhan Oktavian Eka Ardhiansyah, Ariq Rizki Vidianto dan Al Jordan Avirldo Wijaya Putra, SMAN 4 Malang akan bersaing di babak puncak Energen Champion SAC Indonesia. "Tahun lalu sudah ikut. Tapi tahun ini baru bisa ke National Championship untuk yang estafet putra," kata Ariq Rizki Vidianto.

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, tim relays 4x100m SMAN 4 Malang telah dibentuk kurang lebih 2,5 bulan. Latihannya setiap hari. Hanya saja untuk mengenal lebih dalam materi estafetnya, seminggu menggunakan latihan selama tiga kali. "Untuk tahun ini tim SMAN 4 Malang berusaha semaksimal mungkin untuk lolos ke nasional," terang Peither Ramadhan Oktavian Eka Ardhiansyah. 

Telah berpengalaman di musim perdana, Peither menyebut Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers lebih ketat dari biasanya. Menurutnya, banyak student athlete jebolan SAC Indonesia yang telah mempersiapkan diri untuk bersaing. 

"Tahun ini berat. Karena sudah banyak yang persiapan. Kebanyakan juga pada kelas 12, jadi mereka mau memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Istilahnya, jor-joran lah," kata Peither. 

Peither menyebut salah satu tantangan terbesar dari skuadnya adalah lawan dari regional qualifiers lainnya. Misalnya, regional qualifiers Central Java. "Karena mereka masih mecahin rekor ya, tapi kita berusaha memberikan yang terbaik," lanjut Peither. 

Tak lupa skuad SMAN 4 Malang juga kembali menargetkan juara di babak National Championship. Apalagi, mereka begitu menanti reward training camp ke Australia. "Semua berat tapi SMAN 4 Malang wani!," tandasnya.

Baca Juga: SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers Tuntas, Ada 3 Pecah Rekor!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES