Mengenal NTO dalam Olahraga Atletik

Jingga Irawan - 13 December 2023
Dwitoyo, salah satu NTO yang bertugas sebagai observer di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Kalian mungkin sering melihat petugas perlombaan yang menggunakan baju bertuliskan NTO. Khususnya dalam perlombaan atletik. Di SAC Indonesia, beberapa petugas perlombaan juga menggunakan baju seragam bertuliskan NTO. Tapi, apa sih itu NTO dan kenapa NTO memiliki seragam khusus ya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

NTO atau merupakan singkatan dari National Technical Official merupakan pejabat bersertifikasi yang biasanya memimpin, mengawasi dan melihat penerapan regulasi perlombaan dalam suatu kompetisi atletik. NTO juga bertanggung jawab untuk memantau apakah peraturan World Athletics dijalankan dengan baik di kompetisi tersebut. 

Menurut Adaptive Track & Field USA, pada kompetisi tingkat nasional, NTO dianggap sebagai pemimpin wasit di sebuah kompetisi atletik. Profesi NTO biasanya dipilih dari sebuah official yang bersertifikasi dan bereputasi dengan baik. 

Dalam hal ini, World Athletics membentuk sistem pendidikan bernama Technical Officials Education and Certification System (TOECS) yang tersedia dengan berbagai level. Mulai dari level I sampai level III. 

Level I

Level I adalah untuk membekali para wasit dengan pelatihan teori dan praktik yang diperlukan agar mereka mampu memimpin kompetisi tingkat nasional dan kompetisi internasional yang diadakan di dalam negeri. Kursus Level I juga menempatkan wasit sebagai NTO. 

Level I biasa dikelola oleh negara anggota World Athletics, namun untuk kursus yang Atletik Dunia akan menyediakan materi yang diperlukan. Peserta yang berhasil menyelesaikan kursus menerima World Athletics Level I Officiating Certificate. Peserta yang nilai ujiannya memenuhi standar yang dipersyaratkan berhak mengikuti Level II.

Level II

Level II adalah untuk membekali peserta dengan pelatihan teori dan praktik yang diperlukan agar mereka mampu memimpin kompetisi internasional hingga tingkat regional. Kursus Level II juga mengidentifikasi kandidat untuk posisi Pejabat Teknis Internasional Area (ITO). Peserta yang berhasil menyelesaikan kursus menerima Area International Technical Official Level II. Peserta yang nilai ujiannya memenuhi standar yang dipersyaratkan berhak mengikuti kursus Level III.

Baca Juga: Kenali Tes Antropometri dan Kegunaannya dalam Industri Olahraga

Level III

Level III adalah untuk membekali peserta dengan pelatihan teori dan praktik yang diperlukan agar mereka mampu memimpin kompetisi internasional hingga tingkat tertinggi. Peserta yang berhasil menyelesaikan kursus menerima Athletics Officiating Diploma dan ditempatkan di World Athletics ITO sehingga mereka memenuhi syarat untuk diangkat ke posisi ITO.

Kesetaraan TOECS Level I

Setiap member yang mempunyai program pendidikan teknik resminya sendiri, dapat mengajukan permohonan ke World Athletics untuk ujian Level I. Jika program tersebut diakui setara dengan TOECS Level I, pejabat nasional yang telah mencapai level tertinggi di bawah sistem tersebut selama jangka waktu yang disepakati akan memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Kursus TOECS Level II, dengan ketentuan bahwa semua persyaratan lainnya telah dipenuhi. (*)

  RELATED ARTICLES