Aksi Alfan Firmansyah saat bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Seru. Persaingan lompat jauh putra tingkat SMP pada Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers berjalan seru. Kompetisi yang digelar pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Lapangan THOR Surabaya berlangsung ketat. Ratusan peserta bersaing demi menyandang status nomor urut satu.

Siswa dari SMPN 1 Mojosari, Kabupaten Mojokerto menjadi yang terjauh dalam nomor lomba lompat jauh. Adalah Alfan Firmansyah yang berhasil mencatatkan lompatan sejauh 5,78 meter.

Ini merupakan kali pertamanya tampil di kompetisi antarpelajar terbesar se-Indonesia.Pada nomor urut dua ada nama Ghaizka Agli dari SMPN 4 Madiun yang berhasil mencatatkan lompatan sejauh 5,66 meter. Pradana Wilsen, siswa SMPN 1 Rejotangan menutup daftar tiga besar dengan lompatan sejauh 5,64 meter.

Hasil Lompat Jauh Putra SMP:

1. Alfan Firmansyah (SMPN 1 Mojosari) - 5,78 meter
2. Ghaizka Agli (SMPN 4 Madiun) - 5,66 meter
3. Pradana Wilsen (SMPN 1 Rejotangan) - 5,64 meter

Baca Juga: 5.277 Pelajar dari 610 Sekolah di Jawa Timur Ikuti SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES