Sosok Saniy Rahma Nabilah saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers

Sukses mengirimkan delegasinya ke tingkat nasional pada musim perdana, SMAN 12 Semarang akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Sekolah tersebut bahkan melipatgandakan pasukannya. Tahun ini, SMAN 12 Semarang akan mengirimkan sebanyak tujuh delegasi. 

Menurut Masrul Anggajaya, guru PJOK SMAN 12 Semarang, nantinya sekolah tersebut bersaing di relays 4x100 meter putra, middle distance 1.000 meter, hingga shot put. "Kami di sini memang ingin ikut serta kembali di SAC Indonesia karena ingin membangun mental juara siswa-siswi kami," kata Masrul, saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia, Senin, 20 November 2023. 

Nama SMAN 12 Semarang memang menggema di penyelenggaraan SAC Indonesia 2022. Itu karena salah satu pelajarnya, Saniy Rahma Nabilah, berhasil menyabet podium kedua untuk tolak peluru. Ia kemudian berhasil menembus babak National Championship dan meraih gelar runner up. "Kalau Saniy memang sudah terlatih untuk ikut kejuaraan, tapi teman-teman yang lain pemula," ungkap masrul. 

Baca Juga: Saniy Rahma Nabila dari SMAN 12 Semarang Sudah Rindu SAC Indonesia

Seleksi peserta SAC Indonesia dari SMAN 12 Semarang berdasarkan pengamatan dan penilaian di pelajaran olahraga. Terlebih lagi, SMAN 12 Semarang belum memiliki ekstrakurikuler khusus atletik. "Jadi saya lihat kalau dia bagus di atletik, maka saya ajak berlatih. Tahun depan jika ada kesempatan saya ingin sekolah punya ekskul atletik," lanjut Masrul. 

SMAN 12 Semarang merupakan salah satu sekolah yang begitu aktif dalam kompetisi pelajar. Khususnya untuk cabang olahraga atletik. Sekolah tersebut beberapa kali mengikuti perlombaan daerah. Mulai dari POPDA, O2SN dan kejuaraan kabupaten maupun kota lainnya. "Maka dari itu saya ingin pengalaman anak itu ditambah, keterampilan atletiknya juga bertambah," tutur Masrul. 

Untuk mempersiapkan diri menghadapi SAC Indonesia 2023, sekolah tersebut berlatih setiap hari sepulang sekolah. "Saya nggak memaksa. Saya bilang ke mereka, yang penting pulang sekolah sore hari langsung latihan saja. Meskipun sebentar nggak apa-apa. Karena pelajaran akademik juga penting bagi mereka," terang Masrul. 

Layak dinantikan apakah SMAN 12 Semarang akan kembali meraih podium dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Khususnya untuk nomor tolak peluru. 

Baca Juga: Akankah Rekor Kembali Pecah di Central Java Qualifiers?

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES