Suasana perlombaan 100 meter putri dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Central Java Qualifiers adalah salah satu regional qualifiers terkuat dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022. Bagaimana tidak? Tiga rekor pecah di penyelenggaraan musim lalu. Yakni tolak peluru putri, relays 4x100 meter putri dan middle distance 1.000 meter putri. Bahkan peserta Central Java Qualifiers juga mendominasi Best 3 Records dari National Championship. 

Tiga rekor yang terpecahkan musim lalu berada di tangan SMKN 1 Bawang untuk relays 4x100 meter putri. Kemudian, tolak peluru putri untuk SMAN 3 Tegal. Dan terakhir middle distance 1.000 meter putri yang diraih oleh SMAN 1 Pabelan.

Baca Juga: Deretan Sekolah Terjauh yang Akan Mengikuti Central Java Qualifiers

Untuk tahun ini, peserta Central Java Qualifiers tak sedikit yang berasal dari juara musim lalu. Misalnya, Ahmad Zacky Alfirdaus dari SMAN 1 Jepon. Yang akan bersaing di nomor 100 meter putri. Selain itu, skuad SMKN 1 Bawang dan SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang generasi baru juga akan kembali berlaga di musim 2023.

Wakil SMAN 12 Semarang, Saniy Rahma Nabilah, akan kembali bersaing di Central Java Qualifiers 2022. Ia merupakan pemegang runner up National Championship untuk nomor tolak peluru putri. Dan tahun ini, ia akan bersaing di nomor yang sama. Saniy tentunya dapat menjadi generasi baru pemegang rekor Central Java Qualifiers. 

Terakhir, SMAN 1 Pabelan juga akan mengirimkan delegasi. Jika musim lalu di nomor 1.000 meter putri, SMAN 1 Pabelan tahun ini menurunkan wakil di nomor 1.000 meter putra. Atas nama Muhammad Wahyu Naufal Abdurrozzaq. 

Masih harus dilihat apakah deretan rekor akan kembali pecah di Central Java Qualifiers. Khususnya untuk nomor-nomor yang sempat dikuasai di nomor tersebut musim lalu. 

Baca Juga: Deretan Sekolah Juara yang Bakal Bersaing di Central Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers diikuti oleh ratusan sekolah dan ribuan pelajar di Jawa Tengah. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan pada 24-26 November 2023.

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES