SMP Nasima Semarang akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakasek Kesiswaan SMP Nasima Isniah, M.Pd usai roadshow SAC Indonesia diselenggarakan di sekolah tersebut, Jum'at 17 November 2023. 

Setelah merebut gelar juara di nomor estafet 5x80 meter putra, SMP Nasima Semarang akan kembali mengirimkan delegasinya di berbagai nomor lomba. Tak hanya lari, melainkan juga nomor lempar. 

"Di SMP Nasima Semarang ini sudah berpengalaman ikut SAC Indonesia sejak tahun 2022. Karena kita sudah tahu bahwa InshaAllah ada lagi SAC Indonesia, maka sejak dua bulan lalu kita sudah mempersiapkan untuk momen SAC ini," ungkap Isniah. 

Baca Juga: Menanti Juara Lompat Jauh Putra dari Central Java Qualifiers

Menurut Isniah, sekolahnya berpeluang untuk memenangkan setidaknya tiga nomor dalam penyelenggaraan musim baru. "Anak-anak sudah bersemangat sekali mempersiapkan diri. Mereka latihan dengan sungguh-sungguh hingga bisa mengikuti cabang atletik yang mungkin bagi banyak orang belum dikenal sebagai sesuatu yang menyenangkan ini," terang Isniah. 

Sementara itu, penyelenggaraan roadshow di SMP Nasima Semarang berjalan seru. Games Mini Kanga's dan Fun Relays dimainkan. Kemudian, beberapa anak juga diperkenalkan kepada kompetisi SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Sembari menikmati roadshow, para pelajar juga berkesempatan untuk mencicipi Energen Champion secara cuma-cuma.

"Penyelenggaraan roadshow di SMP Nasima ini sangat luar biasa. Kita sangat tersanjung. Kaget juga. Senang sekali. Adalah event yang tidak semua orang mendapatkan kesempatan menjadi tempat roadshow. Jadi menurutku kami itu sangat luar biasa," jelas Isniah. 

Isniah juga mengapresiasi penyelenggaraan SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Menurutnya, ini merupakan kompetisi yang bisa menjadi wadah anak-anak untuk bersaing. "Sistemnya juga berjenjang, kemudian bisa menjadi wadah pengembangan atletik sampai ke tingkat internasional. Itu sesuatu yang sangat ditunggu sekali bagi anak-anak," lanjut Isniah

Baca Juga: Akankah Rekor Kembali Pecah di Central Java Qualifiers?

Isniah berharap SAC Indonesia dapat menjangkau kompetisi di daerah. Pasalnya, banyak bakat terpendam yang belum muncul. "Harapannya, SAC lebih menjangkau tempat-tempat sudah memiliki kemampuan yang sangat wow namun belum berkesempatan mengikuti SAC Indonesia. . Sehingga SAC bisa lebih menggema dan mengantarkan anak Indonesia ke dunia," tandasnya. 

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Baca Juga: Sekolah-sekolah di Central Java Qualifiers Sambut Hangat SAC Indonesia 2023!

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES