Pemegang rekor lompat jauh putra dari SMAN 4 Praya, Zikril Hakim, saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers

Kejuaraan atletik pelajar terbesar di Indonesia akhirnya tiba, Kamis, 26 Oktober 2023. Bertajuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers, kompetisi atletik tersebut diikuti oleh total 4.018 pelajar dari 191 sekolah. Yang tersebar mulai dari Provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Nusa Tenggara Barat (NTB).

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers akan berlangsung pada 26-28 Oktober 2023. Yang bertempat di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ini menjadi kali pertama bagi SAC Indonesia memilih Kupang sebagai tuan rumah. Ini juga menjadi penyelenggaraan regional qualifiers ketiga. 

Keikutsertaan peserta di Bali Nusra Qualifiers tahun ini lebih banyak dari musim sebelumnya. Pada penyelenggaraan musim 2022, yang digelar di Mataram, NTB, regional qualifiers ini diikuti  oleh 3.821 pelajar. Dengan mencatatkan dua rekor. Di nomor middle distance 1.000 meter putra, dengan catatan 2 menit 26,53 detik. Juga lompat jauh putra dengan catatan 6,67 meter. 

Ketua Pengprov PASI Nusa Tenggara Timur, Theo Widodo, mengapresiasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Dengan adanya kompetisi ini, Theo berharap bisa mendapatkan calon atlet profesional. Yang siap dipoles oleh PASI NTT dan akan mewakili provinsi tersebut. 

"Kami berharap bisa mendapatkan calon atlet yang potensial di cabang olahraga atletik, yang bisa kami bina selanjutnya," ungkap Theo. 

Theo juga menyebut bahwa penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers bisa menjadi terobosan bagi banyak sekolah untuk ikut mengembangkan olahraga atletik. Sehingga, kompetisi pelajar memiliki sistem berjenjang yang lebih menyeluruh. 

Baca Juga: Bali Nusra Qualifiers Dimulai, 191 Sekolah Siap Perebutkan Gelar Juara!

"Sehingga nanti bukan hanya tingkat SMA saja yang melaju ke level nasional. Melainkan juga tingkat SD dan SMP," tutur Theo.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTT Hildergardis Bria Seran juga mengapresiasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Pasalnya, kompetisi pelajar terbesar bisa diselenggarakan di Kota Kupang. Dengan demikian bisa menjaring atlet-atlet usia dini yang belum berpengalaman. 

"Kami tentunya sangat berterima kasih. Semoga kompetisi ini bisa terus berjalan berkesinambungan. Menginspirasinya generasi seterusnya. Dan kami sebagai tuan rumah siap untuk membantu," ungkap Hildergardis Bria Seran.

Hildergardis Bria Seran berharap Energen Champion SAC Indonesia 2023 dapat mendapatkan regenerasi atlet ke depannya. Secara berjenjang. Mulai dari usia dini hingga level SMA. Bahkan hingga mengharumkan nama NTT.

"Kalau memang berprestasi, kita akan melihat mereka, batasnya usia kelas III SMA dan SMA, juga bisa direkrut masuk PPLP. Ini juga bisa mendongkrak prestasi NTT. Kami tentunya senang menerima dan ke depannya bisa terseleksi atlet-atlet berprstasi," lanjut Hildergardis Bria Seran.

Baca Juga: Begini Cara Nonton SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers!

Bali Nusra Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 akan menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES