Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers siap diselenggarakan, pada 26-28 Oktober 2023. Kompetisi atletik pelajar tersebut akan digelar di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pada Opening yang digelar, sebanyak lima nomor babak penyisihan dari tingkat SD, SMP dan SMA diperlombakan. 

Nomor-nomor yang diperlombakan besok di antaranya ada sprint (lari jarak pendek), middle distance (lari jarak menengah) shot put (tolak peluru) dan long jump (lompat jauh). Untuk itu, rangkaian acara dibagi dalam dua sesi. 

Sesi pertama akan dimulai pukul 06.00 WITA dengan soft opening. Kemudian, dilanjutkan dengan babak penyisihan 8x50 meter SD putri dan putra pada pukul 06.00 WITA, lompat jauh SMP putra babak final pada 06.00 WITA, dilanjutkan dengan babak final tolak peluru SMP Putra dan putri pukul 06.05 WITA. 

Untuk penyisihan perlombaan beregu estafet 5x80 meter SMP putra dan putri akan dimulai 07.30 WITA. Sementara untuk penyisihan estafet SMA 4x100 meter putra dan putri akan digelar pada pukul 08.35 WITA. 

Sesi kedua Bali Nusra Qualifiers akan diselenggarakan mulai pukul 13.30. Ditandai dengan Opening Ceremony. Dilanjutkan dengan babak penyisihan middle distance 1.000 meter SMA putra pada pukul 14.00 WITA. Kemudian dilanjutkan dengan penyisihan middle distance 1.000 meter SMA putri pada pukul 14.30 WITA. 

Final lompat jauh SMP Putri juga akan diselenggarakan pukul 14.00 WITA. Yang kemudian dilanjutkan dengan final tolak peluru SMP putra dan putri pada pukul 14.05 WITA. Hari pertama perlombaan sprint 60 meter SD putra akan dilanjutkan pukul 15.30 WITA.

Baca Juga: Simak Hasil Technical Meeting Bali Nusra Qualifiers!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam rangkaian total penyelenggaraan SAC Indonesia 2023 di seluruh Indonesia. Selain Bali Nusra, juga Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra dan Jakarta Banten. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES