Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTT Hildergardis Bria Seran, usai memberikan pengarahan kepada atlet-atlet PPLP, yang akan berlaga mewakili NTT

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTT Hildergardis Bria Seran mengapresiasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Pasalnya, kompetisi pelajar terbesar bisa diselenggarakan di Kota Kupang. Dengan demikian bisa menjaring atlet-atlet usia dini yang belum berpengalaman. 

"Kami tentunya sangat berterima kasih. Semoga kompetisi ini bisa terus berjalan berkesinambungan. Menginspirasinya generasi seterusnya. Dan kami sebagai tuan rumah siap untuk membantu," ungkap Hildergardis Bria Seran.

Hildergardis Bria Seran berharap Energen Champion SAC Indonesia 2023 dapat mendapatkan regenerasi atlet ke depannya. Secara berjenjang. Mulai dari usia dini hingga level SMA. Bahkan hingga mengharumkan nama Nusa Tenggara Timur (NTT). 

"Kalau memang berprestasi, kita akan melihat mereka, batasnya usia kelas III SMA dan SMA, juga bisa direkrut masuk PPLP.  Ini juga bisa mendongkrak prestasi NTT. Kami tentunya senang menerima dan ke depannya bisa terseleksi atlet-atlet berprstasi," lanjut Hildergardis Bria Seran. 

Di Indonesia, cabang olahraga atletik selalu berprestasi. Baik di level nasional seperti PON hingga di tingkat internasional, seperti SEA Games. Dengan demikian, NTT nantinya bisa mengembalikan kejayaan NTT. "Saya berharap semua kompetisi atletik di sini bisa berjalan dengan baik ke depannya," lanjut Hildergardis Bria Seran.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers untuk pertama kalinya memilih Kupang, NTT sebagai tuan rumah. Setelah tahun lalu sukses menggelar opening musim perdana di Kota Mataram, NTB. 

Baca Juga: Ketua MGMP PJOK SMA Kota Kupang Apresiasi Penyelenggaraan SAC Indonesia 2023

Bali Nusra Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 akan menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES