Skuad dari SDN Pasar Baru 03 Pagi yang akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

SDN Pasar Baru 03 Pagi akan kembali ke panggung kompetisi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Usai menyabet gelar runner up dalam nomor Kid's Athletics Formula One, kini SDN Pasar Baru 03 Pagi siap lebih berprestasi di musim baru. Menurut guru PJOK sekolah tersebut, Oryza Sativo, SDN Pasar Baru 03 Pagi mengirimkan lebih dari 20 delegasi. 

Jumlah tersebut tentunya lebih banyak dibandingkan keikutsertaan mereka di penyelenggaraan musim 2022. Tahun ini, SDN Pasar Baru 03 Pagi akan bersaing di nomor sprint 60 meter, Formula One hingga relays 8x50 meter. "Respons pada anak tentunya mereka sangat antusias dalam perlombaan lari, beberapa dari mereka juga menguasai sepak bola, pencak silat," kata Oryza. 

Para peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers dari SDN Pasar Baru 03 Pagi terhitung sebagai pemula. Namun, dengan semangat yang luar biasa, Oryza yakin anak didiknya dapat tampil dengan maksimal. 

Tim SDN Pasar Baru 03 Pagi saat berlatih bersama demi menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

"Setahu saya, mereka belum ada yang ikut klub di luar. Karena lingkup mereka adalah sekolah dan rumah, tapi saya melihat mereka ada bakat," lanjutnya. 

Untuk menghadapi Jakarta Banten Qualifiers musim ini, para delegasi dari SDN Pasar Baru 03 Pagi telah menjadwalkan latihan dengan rutin. Bahkan satu bulan sebelum digelarnya kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. 

"Tapi memang ada tantangan, karena sekolah sedang direnovasi sehingga kita harus mengkondisikan latihan di tempat lain. Tapi itu tidak mengurangi semangat anak-anaknya," tuturnya. 

Tak lupa Oryza juga mengapresiasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara agar guru, pelajar dan pemerintah untuk saling bersinergi memajukan olahraga atletik dalam negeri. 

"Menurut saya, ini bagus terutama untuk sekolah. Khususnya guru olahraga. Agar kegiatan guru itu juga tidak hanya berputar di ngajar pulang, ngajar pulang. Ini juga menjadi salah satu cara agar hati mereka tergugah begitu, agar tidak terlena dan melatih anak-anak didiknya," terangnya. 

Baca Juga: Disambut Positif, Sosialisasi SAC Indonesia Diikuti 185 Sekolah dari DKI Jakarta

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES