Atlet lari gawang dalam invitasi atletik Indonesia (foto: SAC Indonesia)

Lari gawang merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik. Cara kerja olahraga ini adalah dengan meminta atlet berlari dalam jarak lintasan yang telah ditentukan. Di tengah lintasan tersebut akan diberi gawang penghalang. Sehingga atlet harus melompatinya. 

Sebelum mendalami olahraga ini, kamu wajib mengetahui beberapa peralatan yang digunakan. Misalnya, terkait kostum sepatu dan gawang itu sendiri. Berikut adalah beberapa peralatan yang wajib kamu ketahui saat kamu mendalami lari gawang:

1. Sepatu

Lari gawang membutuhkan sepatu ringan dengan cleat lebih pendek di bagian depan, tujuannya adalah untuk memberikan traksi lebih dalam. Pemilihan sepatu dalam lari gawang merupakan komponen paling penting jika kamu mendalami olahraga ini. 

2. Kostum

Biasanya, pelari gawang akan mengenakan celana pendek ketat dan kaos lengan pendek atau tanpa lengan atau atasan yang menunjukkan nomor atlet.

3. Gawang Penghalang

Gawang penghalang berbentuk seperti gawang sepakbola. Hanya saja dengan ukuran yang lebih keci. Baian alas gawang ini terbuat dari logam, tetapi palangnya terbuat dari kayu. Ketinggiannya bervariasi. Untuk nomor 100 dan 110 meter, panjang gawang adalah 1,07 meter putra dan 84 centimeter putri, serta lebar 1,2 meter. Untuk lari gawang 400 meter panjangnya 91 centimeter untuk putra dan 76 centimeter untuk putri.

Baca Juga: Mengenal Lari Gawang: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturan

Area Bermain

Area bermain lari gawang terdiri dari tempar start, lintasan yang memiliki beberapa gawang penghalang dan area finis. 

1. Lari Gawang 100 meter (Khusus Putri)

Perlombaan ini berlangsung di lintasan lurus sepanjang 100 meter yang terdiri dari sepuluh rintangan berukuran 80 centimer yang tersebar di lintasan. Rintangan pertama berjarak 13 meter dari start, kemudian jarak antar gawang berikutnya adalah 8,5 meter dan gawang terakhir berjarak 10,5 meter dari finis.

2. Lari Gawang 110 Meter (Khusus Pria)

Perlombaan ini berlangsung di lintasan lurus sepanjang 110 meter yang terdiri dari sepuluh rintangan berukuran 1, 06 meter yang tersebar di lintasan. Rintangan pertama berjarak 13,72 meter dari start, kemudian jarak antar gawang berikutnya 9,14 meter dan gawang terakhir berjarak 14,02 meter dari finis.

Baca Juga: Tinggi Gawang dan Alasan Perbedaan Lari 110 Meter dan 100 Meter dalam Atletik

3. Lari Gawang 400 Meter 

Perlombaan ini mencakup satu putaran penuh pada lintasan 400 meter yang terdiri dari sepuluh rintangan dengan jarak yang sama di atas lintasan. Rintangan pria tingginya 90 centimeter sedangkan rintangan wanita tingginya 70 centimeter. (*)

  RELATED ARTICLES