Sosok Aries Merritt dalam kejuaraan atletik dunia tahun 2016 (AFP)

Menjadi atlet lari gawang terbaik bukanlah hal yang mudah. Seorang atlet lari gawang wajib untuk menguasai lari jarak pendek (sprint) dan harus mengkombinasikan dengan teknik lompat gawang. Pertama,  ada dua jenis perlombaan lari gawang. Yakni 110 meter dan 400 meter. Beberapa  pelari gawang piawai dalam mengikuti keduanya. Namun, ada beberapa yang ahli di salah satu nomornya saja. Siapa saja atlet lari gawang terbaik di dunia?

1. Aries Merritt

Aries Merrit merupakan atlet lari gawang paling fenomenal di dunia. Ia bahkan dijuluki sebagai pelari gawang tercepat di dunia. Saat ini, Merritt memegang rekor lari gawang 110 meter dengan catatan 12,80 detik. Rekor tersebut ia peroleh pada 2012. Di tahun yang sama, ia memenangkan medali emas dalam Olimpiade dan medali emas dalam World Indoor Championships. Dalam kejuaraan Diamond League, Merritt juga memegang juara selama enam kali. 

2. Kevin Young

Kevin Young adalah salah satu pelari tercepat dalam nomor 400 meter lari gawang. Ia berhasil mencatatkan waktu 46,78 detik pada 1992 dalam gelaran Olimpiade. Sampai 2021, catatan waktu itu menjadi rekor dunia. Bukan hanya mentereng di atletik, Young juga memenangkan gelar World Athletics Championships. 

Baca Juga: Mengenal Lari Gawang: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturan

3. Edwin Moses

Edwin Moses adalah pelari gawang nomor 400 meter. Ia memenangkan medali emas pada Olimpiade 1976 dan 1984. Pada 1988, dalam ajang yang sama, ia kembali meraih medali perunggu. Selain dalam Olimpiade, Moses juga berhasil memenangkan World Championship pada 1983 dan 1987. Moses memecahkan rekor sebanyak empat kali hingga Kevin Young mengalahkannya. Hingga saat ini, rekor terbaiknya adalah 47,02 detik. 

4. Liu Xiang

Liu Xiang adalah salah satu pelari gawang 110 meter terbaik yang berasal dari Asia. Ia juga sangat suses dalam olahraga atletik. Dalam gelaran Olimpiade pada 2004, ia berhasil menyabet medali emas. Sekaligus memenangkan lari gawang 60 meter. Dalam World Championships 2007, ia kembali mengoleksi medali emasnya. Catatan waktu terbaiknya sampai saat ini adalah 12,89 detik. 

Baca Juga: Tinggi Gawang dan Alasan Perbedaan Lari 110 Meter dan 100 Meter dalam Atletik

5. David Oliver

David Oliver adalah seorang guru besar atletik di Universitas Howard dan pensiunan atlet lari gawang Amerika. Sebagai atlet profesional, ia berkompetisi pada nomor 110 meter dan 60 meter di kejuaraan dalam ruangan. Pada World Championships tahun 2013 di Moscow, Oliver berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 13 detik. Oliver adalah pemegang rekor Amerika dalam lari gawang 110 meter. (*)

  RELATED ARTICLES