Rafi Septian Rosad, saat bersaing dalam babak final 100 meter putra, Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers baru saja tuntas digelar. Sebanyak 5.611 dari 417 sekolah telah bersaing memperebutkan gelar juara. Mulai dari Kuningan hingga Bogor ikut serta bersaing di Stadion Arcamanik, Bandung. 

Demi memperbesar peluang meraih juara, sekolah-sekolah tersebut biasanya mengirimkan lebih dari satu delegasi. Bahkan sampai mengirimkan 300 peserta. Memperbanyak peserta juga membuka peluang besar untuk mendapatkan juara. Berikut SAC Indonesia merangkum deretan sekolah-sekolah yang meraih medali terbanyak. 

1. SMAN 7 Cirebon

SMAN 7 Cirebon rumahnya para juara. Setelah tahun lalu sukses unggul di nomor lapangan, dengan kemenangan Bayanillah (tolak peluru) dan Tiara Maelani (lompat jauh), SMAN 7 Cirebon kembali ke lintasan. Tahun ini, SMAN 7 Cirebon mengirimkan lima delegasi terbaiknya. Di semua nomor lomba. Mulai lompat jauh sampai lari jarak menengah. 

SMAN 7 Cirebon tahun ini membawa pulang medali emas di nomor lari jarak menengah. Bahkan pecah rekor catatan waktu. Adalah Vira Chazinatuss'ab. Yang berhasil mengalahkan rekor SAC milik Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan, Central Java Qualifiers. 

Delegasi SMAN 7 Cirebon juga unggul di nomor lari 100 meter. Muhammad Restu Santoso berhasil merebut juara 2nd Place di nomor tersebut. Selain itu, SMAN 7 Cirebon sukses menyabet podium kedua di nomor 1.000 meter putra. 

Baca Juga: Bayanillah Yakin SMAN 7 Cirebon Unggul di West Java Qualifiers 2023

2. SMPN 1 Beber

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan tahunnya SMPN 1 Beber. Tahun ini, sekolah tersebut membawa pulang tiga medali di nomor lintasan. Yakni juara pertama sektor putra 5x80 meter. Posisi 2nd Place dan 3rd Place untuk 5x80 meter sektor putri. SMPN 1 Beber tahun ini juga memperbanyak 17 orang. 

Baca Juga: SMPN 1 Beber Borong Medali dari West Java Qualifiers 2023

3. SMAN 1 Ciamis

SMAN 1 Ciamis kembali bersaing di Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut mengirimkan sekitar 15 pelajar.  Dan sukses meraih beberapa medali. SMAN 1 Ciamis berhasil meraih medali di nomor tolak peluru putri atas nama Nasywa Athaya. Dan juara di nomor lompat jauh putri atas nama Dewi Khairun Nisa. 

Setelah meraih posisi di nomor lapangan, SMAN 1 Ciamis juga unggul di nomor lintasan. Sekolah tersebut menyabet podium pertama atas nama Rafi Septian Rosad untuk 100 meter putra. Sementara di nomor estafet, sekolah tersebut menghuni posisi ketiga di nomor 4x100 meter putra. 

Baca Juga: Delegasi SMAN 1 Ciamis dan SMAN 7 Cirebon Terbaik di Penyisihan 100 Meter Putra

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES