Sosok Bayanillah, saat bersaing dalam Athletics West Track and Field State Championship di Perth, Western Australia

Juara Energen Champion SAC National Championship, Bayanillah, akan hadir di penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sebagai alumni SMAN 7 Cirebon, pemegang rekor tolak peluru SAC itu siap mendukung mantan almamater sekolahnya untuk berlaga di SAC Indonesia. 

Kehadiran Bayan, begitu ia kerap disapa, di West Java Qualifiers diharapkan dapat memberi suntikan semangat adik tingkatnya yang berlaga. Terlebih lagi, SMAN 7 Cirebon membawa pulang beberapa titel juara pada West Java Qualifiers 2022. Tentunya Mereka ingin mempertahankan gelar tersebut. "Semoga mereka bisa memberikan yang terbaik," kata Bayan.

Meskipun begitu, SMAN 7 Cirebon tidak menurunkan wakil untuk nomor tolak peluru putra. Hanya untuk 100 meter, 1000 meter dan lompat jauh saja. Tapi Bayan tetap optimistis bahwa titel juara tolak peluru masih dipegang oleh delegasi dan sekolah dari West Java Qualifiers. "Di Jawa Barat pasti banyak yang bagus-bagus juga," kata Bayan. 

Bayanillah percaya bahwa sekolahnya masih dapat unggul di SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Apalagi, sekolah tersebut memiliki pelatih berpengalaman. Terlebih salah satu juara 1000 meter putri dari SMAN 7 Cirebon, Vira Chazinatuss'ab, juga akan kembali bersaing tahun ini. Dengan ini Vira menjadi salah satu pesaing kuat di nomor lari jarak menengah di Jawa Barat. 

Baca Juga: Hebat! Bayanillah Sabet Juara Tolak Peluru dan Pecah Rekor lagi

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers akan digelar pada 22-24 September 2023 mendatang. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar di Stadion Arcamanik Bandung. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tolak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*

  RELATED ARTICLES