Yogi Saputra, saat berlaga di Energen Champion SAC National Championship

Peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers mulai menuju ke Kota Bandung. Mereka siap untuk meraih titel juara sebagai yang terbaik di Jawa Barat. Salah satunya adalah skuad dari SMAN 1 Surade, Sukabumi. Rami Faisal bersama rombongan SMAN 1 Surade berangkat pada Kamis, 21 September 2023. 

Rombongan SMAN 1 Surade akan menempuh perjalanan sejauh 200 Kilometer. Mereka bertolak menuju Bandung tepat pukul 12.00 siang. Dan akan tiba di Kota Bandung pada pukul 19.00 WIB. Besok, SMAN 1 Surade siap untuk berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. 

Menurut Rami Faisal, guru PJOK di SMAN 1 Surade, skuad SMAN 1 Surade penuh semangat menuju Bandung. Apalagi, perjalanan mereka didampingi oleh Yogi Saputra. Sang juara Energen Champion SAC National Championship.  "Kami semangat dan nggak nervous. Walaupun sebelum keberangkatan ada kendala. Semoga perlombaan besok lancar," kata Rami. 

SMAN 1 Surade merupakan salah satu sekolah yang mentereng di Energen Champion SAC Indonesia. Setelah mencetak juara, sekolah tersebut kembali mengirimkan delegasinya. Yang akan bersaing dua nomor. Yakni Abdul Ajis di nomor lompat jauh dan Ihsan Auryandry Pradana Saputra di nomor lari jarak menengah. 

"Kebetulan ini Yogi ikut. Semoga bisa menjadi motivasi anak-anak yang bertanding di SAC," ungkap Rami. 

SMAN 1 Surade tentunya akan menjadi lawan berat bagi sekolah-sekolah di Jawa Barat. Mengingat pengalaman mereka dalam berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2022. Harapannya, akan ada wakil dari SMAN 1 Surade yang meneruskan Yogi Saputra. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Soal SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tolak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES