Babak final 100 meter putra dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers, di Stadion Arcamanik

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers siap menghebohkan Bumi Pasundan. Kompetisi atletik favorit pelajar di seluruh Indonesia ini akan berlangsung pada 22-24 September 2023. Yang akan diselenggarakan di Stadion Arcamanik Bandung. Pegiat atletik dari seluruh Jawa Barat siap menjadi saksi pertarungan merebutkan titel juara. 

Seiring dengan penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, berikut beberapa fakta menarik terkait kompetisi tersebut:

1. Merupakan Tahun Kedua Penyelenggaraan

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan tahun kedua SAC Indonesia berkunjung ke Jawa Barat. Tepatnya di Kota Bandung. Tahun lalu, penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers sukses besar. Diikuti lebih dari 4.324 pelajar dan lebih dari 6 ribu penonton dari seluruh Jawa Barat. Penasaran berapa kira-kira peserta tahun ini? 

2. Digelar di Stadion Ternama di Kota Bandung

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers kembali diselenggarakan di Stadion Arcamanik Bandung. Yakni salah satu kompleks olahraga terlengkap di Kota Bandung. Bukan hanya lintasan atletik, kompleks Arcamanik juga memiliki lapangan bola voli indoor, lapangan bola voli pasir, lapangan golf, lapangan softball, padepokan pencak silat dan stadion sepak bola. 

3. Salah Satu Kompetisi Pelajar dengan Nomor Dasar Terlengkap

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar. Meskipun begitu, nomor-nomor yang diperlombakan dalam kompetisi ini lengkap. Setiap jenjang pendidikan memiliki perbedaan. Misalnya, di tingkat SMP dan SMA ada lompat jauh, tolak peluru, lari estafet, lari jarak pendek hingga lari jarak menengah. Sementara, di tingkat SD ada Kids' Athletics, lari estafet dan lari jarak pendek. 

4. Kembali Diikuti Ribuan Peserta dan Ratusan Sekolah

Sebelumnya, kita telah membahas bahwa Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers 4.324 pelajar. Tahun ini, jumlah tersebut bertambah. Bahkan tak jarang peserta yang datang dari luar Kota Bandung. Total 5.611 pelajar siap bersaing di Stadion Arcamanik, Bandung.

5. Memakai Standar Kompetisi Elit

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi pelajar. Namun, kompetisi atletik terbesar di Indonesia ini menggunakan standar, sarana dan prasarana tingkat profesional. Mulai dari photo finish, starter gun, start block dan masih banyak lagi. Sehingga, banyak hal baru yang bisa kalian pelajari di sini.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tolak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

 

  RELATED ARTICLES