Skuad SMKN 12 Bandung bersama dengan Ade Aris Wanto (tengah) akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers akan digelar kurang dari sepekan. Sekolah-sekolah dari seluruh Jawa Barat telah mempersiapkan delegasi terbaik mereka. Tak terkecuali SMKN 12 Bandung. Yang siap bersaing dalam perlombaan lari jarak pendek 100 meter dan lari jarak menengah 1.000 meter. 

"Tahun ini jadi tahun penting, karena sekolah kami menjadi bagian dari penyelenggaraan SAC Indonesia," kata Ade Aris Wanto, guru PJOK sekaligus pendamping dari SMKN 12 Bandung. 

SMKN 12 Bandung akan diwakili oleh Dean Fathurrahman, Mohammad Raihan Gunawan, Fazamarwah Putra Samsurizal, Muhamad Fahru Rizal Zaelani hingga Satria Zabar Rasyid. Yang siap meraih prestasi dalam kompetisi tersebut. "Pelopornya si Dean, terus beberapa hari kemarin ada informasi lanjutan, akhirnya anak-anak berminat untuk ikut," kata Ade. 

Sebenarnya, ini bukan pertama kali SMKN 12 Bandung bersaing dalam kompetisi atletik.Tak jarang , sekolah tersebut mengirimkan delegasinya dalam perlombaaan kompetisi atletik elit. Misalnya, O2SN dan Porprov. Tetapi untuk kompetisi pelajar untuk pemula yang diikuti oleh SMKN 12 Bandung barulah SAC Indonesia. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, SMKN 12 Bandung telah mempersiapkan jadwal latihan rutin. Apalagi, nomor-nomor yang diikuti oleh sekolah tersebut merupakan favorit di kompetisi SAC Indonesia. "Latihan bersama tentunya ada, karena kalau sendiri-sendiri kurang afdol juga," kata Ade Aris. 

SMKN 12 Bandung akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Yang rencananya diselenggarakan di Stadion Arcamanik, Bandung. Tepatnya pada 22-24 September mendatang. 

Baca Juga: Rafi Ilman dari SMAN 1 Margahayu Akan Kembali Bersaing di SAC Indonesia

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tolak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES