Taffarel Juan Chrissanto (paling depan) saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

"Raja Middle Distance". Adalah gelar yang dibawa oleh Taffarel Juan Chrissanto selama setahun terakhir. Gelar tersebut disematkan pada Taffarel usai memenangkan perlombaan middle distance di Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. Mewakili SMAN 2 Tangsel, saat itu Taffarel dinobatkan sebagai pelari tercepat untuk nomor 1.000 meter putra. 

"Raja Middle Distance" itu kembali berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Hanya saja dengan lebih banyak tantangan baru. Dan lingkungan persaingan yang lebih sengit. 

Musim ini, para pesaing di middle distance 1.000 meter putra jumlahnya lebih banyak. Dengan pengalaman berkompetisi pesaingnya yang lebih matang. Taffarel bahkan sempat berada di posisi ketiga dalam babak penyisihan. Finis dengan perolehan waktu 2 menit 52,71 detik. 

Taffarel mengaku ragu dan takut saat memberikan pernyataan pada tim SAC Indonesia ketika ditanya terkait perlombaan musim ini. "Saya nggak tahu akan 'habis' atau nggak musim ini. Benar-benar persaingannya ketat sekali. Ada beberapa lawan yang saya kenal juga ikut di musim ini," terang Taffarel usai menuntaskan babak penyisihan. 

Baca Juga: National Championship Telah Menanti 48 Juara Jakarta Banten Qualifiers

Namun, karena tak mau kehilangan titelnya sebagai "Raja Middle Distance", Taffarel akhirnya berjuang sekuat tenaga.

"Saya awalnya tidak terlalu berharap memenangkan 1.000 meter kemarin. Tetapi di saat mulainya perlombaan saya merasa bahwa saya harus melakukannya secara maksimal dan juga harus mempertahankan posisi sebagai pemiliki gelar middle distance," terangnya. 

Taffarel akhirnya finis pertama dalam babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers dengan catatan waktu yang mengesankan. Ia melesat ke garis finis dengan catatan waktu 2 menit 43,97 detik. Membuatnya melaju ke babak National Championship. Yang akan digelar di Solo, pada Januari mendatang. 

"Semoga bisa lebih baik dari bulan Januari kemarin dan saya berharap agar bisa melakukan yang terbaik di sana serta teman-teman saya yang dari Jakarta Banten juga dapat membawa gelar juara," terangnya. 

Baca Juga: Kawin Gelar! SMAN 2 Kota Tangsel Juga Juara 1.000 Meter Putri

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers diikuti oleh 4.520 peserta dari 360 sekolah di DKI Jakarta dan Banten. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan pada 3-5 November 2023.

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES