Tiara Maelani saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers

SMAN 7 Cirebon begitu perkasa di Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. Tak hanya melahirkan juara tolak peluru di tingkat nasional. Sekolah tersebut juga memiliki wakil yang patut diperhitungkan di SAC Indonesia. Yakni Tiara Maelani. Yang menjadi juara lompat jauh putri West Java Qualifiers. Dengan Catatan perolehan 4,39 meter. 

Sayangnya, Tiara tidak kembali bersaing dalam West Java Qualifiers tahun ini. Ia telah lusus dari jenjang SMA. Namun, hingga hari ini, belum diketahui siapa yang akan menjadi wakil SMAN 7 Cirebon di nomor lompat jauh putri. Yang jelas, SMAN 7 Cirebon akan kembali bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. 

Sementara itu, pemegang gelar runner up dan 3rd place dari lompat jauh West Java Qualifiers, yakni Elisa Bahtiar dari SMAN 1 Cisayong dan Mayanda Nurhayfa dari SMAN 26 Bandung belum ada tanda-tanda bersaing tahun ini. Apakah juara lompat jauh memiliki juara baru? Masih harus kita lihat.

Hingga hari ini, peserta lompat jauh putri dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers berjumlah 45 orang. Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah hingga pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers ditutup pada 15 September 2023. 

Baca Juga: Tiara Maelani Ingin Boyong Predikat Juara dari Jakarta

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tlak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES