Pelari terakhir SMAN 13 Medan dalam babak final 4x100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers tuntas digelar. SMAN 13 Medan merupakan salah satu sekolah yang berhasil mengklaim podium juara. SMAN 13 Medan berhasil meraih gelar 2nd Place dalam kompetisi 4x100 meter putri. Sekolah tersebut mencatatkan waktu 1 menit 2,43 detik. Membuat mereka berhasil melaju ke babak National Championship. 

Digawangi oleh Nazwa Amanda Batubara, Salwa Salsa Bila, Seruni dan Putria A. Ramadhani Lubis, SMAN 13 Medan tampil gemilang dan finis di belakang SMAN 2 Binjai tanpa pelanggaran. Padahal, skuad 4x100 meter putri SMAN 13 bMedan baru terbentuk dua minggu. Tepat sebelum penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. 

"Kami juga kaget banget bisa lolos. Karena sebelumnya nggak pernah berkompetisi bersama. Kami satu sekolah tapi memang bukan teman sekelas. Tapi karena estafet kami jadi punya teman baru. Jadi bisa dekat," ungkap Nazwa, salah satu member SMAN 13 Medan. 

Skuad estafet SMAN 13 Medan dibentuk berdasarkan seleksi kilat dari guru sekolah. Kuartet tersebut sebenarnya mendalami nomor individu. Nazwa misalnya, sebenarnya menggeluti nomor 100 meter. "Tapi ada juga yang sebenarnya di nomor 200 meter. Mungkin karena itu kami jadi disatukan dalam estafet," kata Nazwa. 

SMAN 13 Medan akan kembali bersaing dalam babak Energen Champion SAC National Championship. "Yang jelas kami akan memberikan yang terbaik untuk SMAN 13 Medan dan Sumatera Qualifiers," tandas Nazwa. 

Baca Juga: SMAN 2 Binjai Telah Persiapkan Diri untuk SAC Indonesia 2023 Selama Setahun

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September. Yang bertempat di Stadion UNIMED. Kompetisi atletik pelajar  terbesar di Indonesia itu diikuti oleh 6023 siswa dari 350 sekolah. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES