Sosok Novitria Indriarti saat bersaing dalam Energen Champion SAC National Championship di Stadion Madya, GBK, Jakarta

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers sudah di depan mata. Para pelajar dan pegiat atletik di seluruh Sumatra pastinya telah menanti siapa juara dari masing-masing nomor lomba. Salah satunya nomor lompat jauh putri. 

Dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers, Novitria Indriarti Hasibuan dari SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan berhasil meraih titel juara dengan perolehan lompatan sejauh 4,59 meter. Tahun ini, Novitria memastikan diri untuk kembali bersaing dalam nomor tersebut. 

Sementara itu, Elfhira Nur Sadrina, runner up di nomor tersebut, belum diketahui apakah akan kembali dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Yang jelas, siswa SMAN 4 Kisaran masih di belakang Novitria dengan perolehan 4,26 meter. 

Masih harus dilihat apakah Novitria akan kembali meraih juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Namun, pengalaman Novitria dalam SAC Indonesia 2022 bisa menjadi nilai plus baginya untuk bersaing kembali dalam SAC Indonesia.

Selain itu, penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, penyelenggaraan SAC Indonesia di Sumatra akan mencakup seluruh provinsi di pulau tersebut. Bukan hanya Sumatra Utara. Sehingga, pelajar baru dari luar Sumatra Utara kemungkinan dapat menempati podium pertama lompat jauh putri. 

Baca Juga: Delegasi SMA Muhammadiyah 9 Aek Kanopan Terbaik di Lompat Jauh Putri!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan diselenggarakan pada 1-3 September di Stadion Unimed, Medan. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu dapat diikuti oleh tingkat SD, SMP dan SMA. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES