Flaura Gustina sebagai pelari terakhir dalam babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

SMAN 2 Binjai begitu totalitas. Dalam mempersiapkan diri di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, sekolah tersebut telah mempersiapkan diri selama satu tahun lamanya. Tepatnya setelah penyelenggaraan North Sumatera Qualifiers 2022 tuntas digelar. 

Hasilnya, sekolah tersebut berhasil membawa juara di nomor 4x100 meter di SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Mengantarkan SMAN 2 Binjai mengantongi satu tiket menuju National Championship. Yang rencananya akan diselenggarakan di Solo pada Januari 2024 mendatang. Ini juga akan menjadi tahun kedua bagi SMAN 2 Binjai berlaga di National Championship. 

Baca Juga: Mengenal Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturan

Digawangi oleh Nabila Khairani, Falura Gustina, Adanin Ghina Randah dan Aulia Nabila Sanwin SMAN 2 Binjai berhasil mencatatkan waktu 1 menit 1,5 detik. Pencapaian yang hanya memiliki selisih 1 detik dari sang runner up, SMAN 13 Medan. Catatan waktu tersebut juga lebih tajam dibandingkan dengan perolehan SMAN 2 Binjai di SAC Indonesia 2023 tahun lalu. 

Menurut Nabila Khairani, timnya estafetnya siap berprestasi lebih baik dalam level nasional nanti. Ada target besar yang ingin dicapai oleh Nabila dan kawan-kawan. "Target kami sebenarnya bisa 59 detik. Namun karena kemarin itu ada pergantian tongkat yang kurang mulus. Maka dari itu kami besok harus berlatih lebih rutin lagi," ungkap Nabila. 

Baca Juga: SMAN 2 Binjai Raih Podium Pertama di Estafet 4x100 Meter Putri

Meskipun baru seumur jagung, tim estafet SMAN 2 Binjai mengaku mampu tampil solid dalam level kompetisi baru. Selama satu tahun itu pula, mereka bekerja keras untuk meningkatkan chemistry. Juga melatih perpindahan tongkat dengan serius. "Semoga kami bisa tetap tampil maksimal di babak puncak nanti," lanjut Nabila. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana di Medan Sumatra Utara. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.  

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES