Keseruan estafet 4x100 meter dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers siap digelar pada 22-24 September mendatang. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia ini akan diselenggarakan di Stadion Arcamanik, Bandung. Sekolah-sekolah dari seluruh Jawa Barat tentunya telah berbondong-bondong mendaftar. Ada yang berasal dari Sukabumi, Cirebon, Indramayu hingga Beber. 

Perjuangan mereka tentunya bertujuan untuk meraih juara. Berikut adalah deretan sekolah-sekolah terjauh yang siap menempuh jarak ratusan kilometer untuk bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. 

1. SMAN 1 Surade, Sukabumi

Siapa sih yang nggak tahu SMAN 1 Surade, Sukabumi? Tempat menimba ilmu Yogi Saputra. Champion SAC untuk nomor 100 meter putra. Yogi membawa nama SMAN 1 Surade menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Yang digelar di Stadion Madya, GBK, Jakarta pada 11-13 Januari silam. 

Meskipun Yogi tidak bisa kembali ke panggung kompetisi SAC Indonesia, SMAN 1 Surade mengirimkan delegasi barunya. Sebanyak dua orang. Yang akan berlaga di nomor lari jarak menengah dan lompat jauh. Untuk bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, para delegasi SMAN 1 Surade harus menempuh perjalanan sejauh 300 Km. Yang bisa memakan waktu sekitar  7 jam. 

Baca Juga: Pelari Cepat SMAN 1 Surade Sukabumi Menangi 100 Meter Putra

2. SMAN 1 Sindang, Indramayu

SMAN 1 Sindang Indramayu merupakan salah satu sekolah yang akan berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan enam perwakilan. Khususnya di nomor lintasan lari jarak menengah dan 100 meter. Untuk berlaga di SMAN 1 Sindang Indramayu, perwakilan sekolah tersebut harus menempuh perjalanan sekitar 140 kilometer menuju Stadion Arcamanik Bandung

3. SMAN 1 Beber dan SMPN 1 Beber

SMAN 1 Beber dan SMPN 1 Beber bukan lah nama baru dalam Energen Champion SAC Indonesia. SMPN 1 Beber misalnya, pernah menjuarai sprint 80 meter dalam West Java Qualifiers 2022. Tahun ini, mereka akan kembali bersaing. Sebanyak 13 siswa akan berlaga di nomor lompat jauh, estafet 5x80 meter, sprint 80 meter dan tolak peluru. 

Meskipun berada cukup jauh dari lokasi perlombaan, SMPN 1 Beber tetap semangat dalam menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023. 

Baca Juga: SMPN 1 Karawang Barat dan SMPN 1 Beber Raih Juara Estafet 5x80 Meter

4. SMAN 7 Bogor

SMAN 7 Bogor akan mengirimkan Kendrick Armando Christian Tamalea untuk bersaing di nomor lari 1000 meter. Ini akan menjadi momen debut Kendrick di SAC Indonesia. Ia bahkan serius berlatih dalam SAC Indonesia. Untuk berlaga di SAC Indonesia, Kendrick harus menempuh jarak sekitar 150 Km menuju Stadion Arcamanik, Bandung. 

Baca Juga: Kenalan dengan Kendrick, Jagoan SMAN 7 Bogor di SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES