Shakila Khairunnisa saat bersaing dalam babak final 100 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023

Nama Shakila Khairunnisa menggema seantero Sumatra. Siswi SMAN 2 Medan itu tampil mengagumkan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Shakila berhasil menyabet juara 100 meter putri dengan catatan waktu 13,54 detik. Namun, pencapaiannya sampai hari ini itu berawal dari keisengan. 

Shakila awalnya tak sengaja menggeluti lompat jauh. Kemudian berpindah ke nomor lari jarak pendek. Karena pelatih Shakila, Dumpang Parluhutan Siregar, percaya ia memiliki potensi lebih di nomor tersebut. Terbukti, Shakila telah juara beberapa kali di nomor tersebut. Salah satunya dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. 

Baca Juga: Lari Jarak Pendek: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Manfaat

"Sudah sejak SMP sih menekuni atletik. Dan tentu banyak pengalaman yang luar biasa di dalamnya. Termasuk mengikuti SAC Indonesia," katanya. 

Shakila akan berlaga di babak National Championship. Yang rencananya akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, awal tahun 2024 nanti. Ia juga berharap bisa menjadi Champion SAC dan berangkat training camp ke luar negeri. "Saya sejujurnya kagum dengan reward SAC Indonesia ke luar negeri. Kompetisinya benar-benar tidak main-main," lanjutnya. 

Baca Juga: Shakila Khairunnisa dari SMAN 2 Medan Menangi 100 Meter Putri

Dengan adanya SAC Indonesia dan konsep kompetisi bertingkatnya, Shakila berharap atletik dapat semakin maju di Indonesia. Shakila percaya bahwa pemassalan yang dilakukan oleh SAC Indonesia dapat berdampak baik bagi kemajuan student athlete dan cabor atletik dalam negeri. "Semoga ini merupakan langkah atletik Indonesia diakui oleh dunia," terang Shakila. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana di Medan Sumatra Utara. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.  

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES