El Yakim Keijat (SMP Santa Maria Penen) saat beraksi dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023.

Persaingan lompat jauh putra tingkat SMP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers berlangsung ketat. Dalam kompetisi yang digelar di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed), Sabtu, 2 September 2023, ratusan siswa berjuang demi memperebutkan gelar juara. Dengan margin yang tak jauh berbeda. 

Meskipun begitu, El Yakim Keijat dari SMP Santa Maria Penen berhasil unggul. Ia menjadi juara lompat jauh putra dengan catatan lompatan 5,23 meter.  Selain itu, El Yakim berhasil mempertahankan gelar juara sekolahnya. Yang sebelumnya diraih oleh kakak kelasnya. 

Tahun lalu, SMP Santa Maria Penen juga mengirimkan delegasi terbaiknya di nomor yang sama. Ia adalah Remondustarun Ginting. Dalam gelaran North Sumatera Qualifiers 2022, Remon berhasil menjadi juara dengan jarak lompatan 5,26 meter. Hanya selisih 0,03 meter dari jarak lompatan milik El Yakim. 

Sementara itu, di posisi kedua ada Gatan Fariji. Siswa SMPN 2 Delitua yang sukses mencatatkan jarak 5,17 meter. Berdasarkan catatan SAC Indonesia, ini merupakan kali kedua bagi Gatan bersaing dalam nomor lompat jauh putra. Sebelumnya, Gatan berhasil membawa pulang gelar third place dengan perolehan 4,63 meter. 

Posisi ketiga dari lompat jauh putra Sumatera Qualifiers kini diisi dengan peserta baru. Ia adalah Teguh Wisnu dari SMPN 3 Tanjung Beringin. Teguh mengantongi jarak lompatan sejauh 4,93 meter. 

Baca Juga: SMP Santa Maria Penen Dominasi Juara Tolak Peluru Putra

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan juga dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Hasil Lompat Jauh Putra: 

1. El Yakim Keijat (SMP Santa Maria Penen) - 5,23 meter

2. Gatan Fariji (SMPN 2 Delitua) - 5,17 meter

3. Teguh Wisnu (SMPN 3 Tanjung Beringin) - 4,93 meter

  RELATED ARTICLES