Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi saat melakukan start di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers masih membekas di kalangan pelajar Sumatra. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu melihat kembalinya ribuan pelajar berbakat di Sumatra yang bersaing membuktikan bakat mereka. Penasaran apa saja fakta menarik dari Sumatera Qualifiers? Berikut SAC Indonesia rangkum untukmu!

1. Menjadi Regional Qualifiers Pembuka

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers menjadi regional qualifiers pembuka dari musim kedua SAC Indonesia. Kompetisi tersebut Kembali singgah di Kota Medan, Sumatra Utara. Ini berbeda dengan musim lalu di mana SAC Indonesia melakukan opening ceremony-nya di Bali Nusra Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers kembali dihadiri oleh Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, yang sangat antusias dan berharap bahwa tanah Sumatra dapat menghasilkan bakat-bakat baru di dunia atletik untuk Indonesia. 

2. Menjadi Regional Qualifiers dengan Peserta Terbanyak

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers menjadi regional qualifiers dengan peserta terbanyak. Total ada 6.023 pelajar dari seluruh Pulau Sumatra yang ikut serta. Jumlah tersebut dihimpun dari 350 sekolah. Selain itu, ribuan peserta tersebut tak hanya berasal dari Sumatra utara saja, melainkan ada yang dari Sumatra Barat, Lampung hingga Sumatra Selatan. 

3. SMAN 1 Bandar Lampung Tempuh Jarak 1.700 Km

SMAN 1 Bandar Lampung, Lampung menjadi peserta terjauh dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Sekolah tersebut sampai menempuh perjalanan sejauh 1,700 Km untuk podium di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Kerennya lagi, skuad estafet 4x100m putra SMAN 1 Bandar Lampung berhasil meraih podium. 

4. Juara Musim Lalu Masih Mendominasi 

Para juara musim lalu rupanya masih mendominasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Salah satunya M. Deka Pratama, yang masih menduduki posisi pertama 100m putra, SMAN 2 Binjai yang masih menguasai relays 4x100m putri, hingga Floren Kristin Sinulingga yang masih menjadi ratu tolak peluru putri. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES