Christian Desgata Ginting saat beraksi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

SMP Santa Maria Penen panen juara. Pada final tolak peluru putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, Sabtu 2 September 2023, sekolah tersebut membawa pulang dua gelar. Yakni Winner dan 2nd Place. Yang diperoleh Christian Desgata Ginting dan Inan Permana Ginting. Masing-masing mengantongi jarak 10,44 meter dan 10,35 meter. 

Christian dan Inan tampil mengagumkan. Mereka berhasil melakukan tiga kali percobaan dengan sempurna. Christian bahkan berhasil melakukan tolakan sejauh 10,44 meter di lemparan pertama. Sedangkan Inan berhasil memperoleh 10,35 meter di lemparan kedua. "Kami senang dan bangga bisa menjadi juara dan mengharumkan nama sekolah," tutur Christian. 

Sementara itu, di posisi ketiga ada Johanes Siagian dari SMPN 1 Merek. Ia berhasil mencatatkan jarak lontaran sejauh 9,92 meter. Yang membuatnya juga berada di posisi tiga besar. Johanes mengaku bangga dengan perolehannya kali ini. Pasalnya, untuk berlomba di Medan membutuhkan perjuangan besar. "Saya dari Karo ke sini butuh waktu 3,5 jam. Jadi bersyukur bisa naik podium," kata Johanes. 

Baca Juga: Gelar Ratu Tolak Peluru Sumatera Masih Milik Floren dari SMKN 2 Medan

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan juga dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Hasil Tolak Peluru SMP:

1. Christian Desagata Ginting (SMP Santa Maria Penen) - 10,44 meter

2. Inan Permana Ginting (SMP Santa Maria Penen) - 10,35 meter

3. Johanes Giaian (SMPN 1 Merek) - 9,92 meter

  RELATED ARTICLES