Floren Kristin Sinulingga saat beraksi dalam perlombaan tolak peluru putri Energen Champion SAC Indonesia 2023

Floren Kristin Sinulingga tampil mengagumkan dalam babak final tolak peluru putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Siswi SMKN 2 Medan itu berhasil menggunakan tiga kali percobaan lemparan dengan maksimal. Alhasil, Floren -begitu ia kerap disapa- sukses merebut gelar Champion di Sumatera Qualifiers. 

Ia berhasil mencatatkan lemparan sejauh 8,12 meter. Itu menjadi percobaan ketiganya. Perolehan ini lebih baik daripada penampilan Floren di tahun pertama SAC Indonesia. Pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers, Floren mencatatkan perolehan 7,75 meter. 

Dengan begini, Floren telah mengamankan tiket menuju Energen Champion SAC National Championship. Kembali mewakili Sumatera Qualifiers di tingkat nasional. "Tahun ini semoga bisa juara di nasional. Karena di tahun 2022 lalu belum bisa tampil dengan maksimal," kata Floren. 

Persaingan Energen Champion SAC Indonesia 2023 lebih berat daripada tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan Floren usai mengalahkan 50 peserta lainnya dalam tolak peluru putri. Meskipun begitu, ia tetap senang karena adanya rasa kompetitif yang meningkat dari SAC Indonesia. 

"Dengan begini, kita bisa mengukur hasil kemampuan kita, walaupun sedikit deg-degan tadi," lanjutnya. 

Floren tidak akan sendirian untuk melaju ke babak National Championship. Ia akan ditemani oleh Siti Ramalomohati dari MA Darul Ulum Sipaho dan Ita Hagaina Karo-karo dari MA Ponpes Dairi. Yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Siti berhasil mencatatkan tolakan sejauh 7,15 meter dan Ita mencatatkan 7,13 meter. 

Baca Juga: Rekor Peserta Terbanyak! Sumatera Qualifiers Diikuti 6.023 Pelajar

Mendengar kabar bahwa Ita akan melaju ke babak National Championship, dirinya begitu bangga. Pasalnya, Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi ketiganya dalam cabang olahraga atletik. "Harapannya bisa menjadi lebih lagi. Pasti nanti akan ada persiapan lebih lanjut," ungkap Ita. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan ada yang berasal dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Hasil tolak peluru putri SMA Sumatera Qualifiers:

1. Floren Kristin BR Sinulingga (SMKN 2 Medan) - 8,12 meter

2. Siti Ramalohati (MA Darul Ulum Sipaho) - 7,15 meter

3. Ita Hagaina Karo-Karo (MA Ponpes Dairi) - 7,13 meter

  RELATED ARTICLES