Firli Sahputra saat berlaga di Athletics West Track and Field State Championship, Perth, Western Australia

Firli Sahputra, juara Energen Champion SAC National Championship, hadir dalam pembukaan penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Yang digelar di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed). Mulai 1-3 September 2023. 

Sebagai juara dalam nomor lompat jauh putra tingkat nasional, Firli ingin melihat bagaimana persaingan nomor tersebut di musim kedua ini. Mengingat, siswa SMKN 2 Medan itu tidak bisa lagi mengikuti kompetisi tersebut. 

Mendengar bahwa Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers diikuti oleh hampir 6023 pelajar, Firli mengaku senang. Apalagi jumlah nomor lompat jauh putra pun berlipat ganda dari tahun sebelumnya. "Wah tahun ini pesaingnya lebih banyak. Pasti margin lompatannya nggak jauh-jauh. Seru sih kalau begini," kata Firli. 

Selama dua jam di Stadion Unimed untuk menonton, Firli rupanya menyadari satu hal. Menurutnya, wakil Sumatera Qualifiers untuk lompat jauh harus banyak berbenah dan persiapan untuk berangkat ke National Championship. Ini karena hasil lompat jauh putra belum ada yang menyentuh jarak enam meter. 

"Saya rasa agak sulit untuk juara di National Championship. Karena belum ada yang menyentuh enam meter. Mungkin kalau ada persiapan yang besar dan matang, hasilnya akan lebih maksimal," kata Firli. 

Baca Juga: Apresiasi Gubernur Edy Rahmayadi untuk Firli Sahputra dan PASI Sumut

Setelah mengungkapkan keresahannya, Firli juga mengaku rindu terhadap Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Ia bahkan ingin langsung ikut berlomba saja. Firli bahkan datang dengan bangganya menggunakan baju bertuliskan "Energen Champion". 

"Semoga keluarga SAC Indonesia terus bertambah, dari tahun ke tahun. Nanti generasi pertama ada saya. Kemudian tahun berikutnya ada siapa lagi misalnya," tutur Firli. 

Firli Sahputra merupakan juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers. Catatan lompatannya cukup tajam. Yakni 6,11 meter. Dengan hasil itu, Firli dapat melaju ke babak National Championship. Dan kembali meraih titel juara. Perolehannya mencapai 6,64 meter. 

Berkat hasil juara itu Firli mendapatkan reward untuk melakukan training camp ke Australia. Di sana, Firli juga mendapat pengalaman berkompetisi dalam lompat jauh. "Semoga teman-teman dari Sumatra Utara juga merasakan untuk terbang ke Jawa. Menghadiri National Championship dan berangkat ke Australia," lanjut Firli. 

Baca Juga: Firli Sahputra Berharap Juara Lompat Jauh SAC Indonesia 2023 Dipegang Sumut

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan ada yang berasal dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

  RELATED ARTICLES