Andre Hari Wibowo (tengah), bersama dengan skuad 4x100 meter putra dari SMAN 1 Bandar Lampung

Skuad SMAN 1 Bandar Lampung bertolak ke Medan pada Senin, 28 Agustus 2023. Demi mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, mereka akan menempuh perjalanan 1.700 Km menuju ibu kota dari Provinsi Sumatra Utara tersebut. Tempat Sumatera Qualifiers diselenggarakan. Tepatnya di Stadion Universitas Negeri Medan, 1-3 September 2023.

Skuad Smansa -julukan SMAN 1 Bandar Lampung- begitu totalitas. Dari Bandar Lampung, mereka akan menempuh jalur darat menuju Jakarta. Yang akan memakan waktu sekitar 12 jam. Kemudian, mereka akan naik pesawat dari Jakarta menuju ke Medan. 

"Karena dari Bandar Lampung nggak ada yang langsung ke Medan. Jadi harus ngeteng ke Jakarta dulu," kata Andre Hari Wibowo, pelatih dari Smansa. 

Menurut Andre, ini menjadi kesempatan yang mengagumkan bagi tim atletik sekolahnya. Pasalnya, Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi pertama mereka di tingkat nasional. Biasanya, Smansa bersaing dalam kompetisi tingkat Provinsi Lampung. Pun selalu mendapat podium. 

"Maka dari itu kita butuh jam terbang yang di tingkat nasional," lanjutnya. 

Perjalanan Smansa ke Medan penuh cerita. Pertama, mereka harus mendapat izin dari banyak pihak. Mulai dari keluarga hingga sekolah. Pun biaya yang tak sedikit. Mulai dari tiket pejalanan hingga hotel.

"Pulangnya naik mobil. Karena dari awal memang berangkatnya saja yang diniatkan naik pesawat. Karena berangkatnya naik mobil, bisa-bisa nggak ikut lari," kelakar Andre. 

Smansa sempat ingin mundur dari perlombaan SAC Indonesia. Salah satu skuad mereka mengalami cedera engkel kaki kanan saat main futsal. Untungnya, ia sudah sembuh total saat ini. "Untung nggak parah. Mana hotel sudah terpesan semua waktu dia cedera itu," kata Andre. 

Skuad SMAN 1 Bandar Lampung bersiap untuk menuju Jakarta, sebelum berangkat ke Medan

Baca Juga: Debut di SAC Indonesia 2023, SMAN 1 Bandar Lampung Siap Rebut Juara

Andre mengatakan bahwa anak didiknya telah siap berperang di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Nantinya, skuad Smansa akan bersaing di nomor unggulan estafet 4x100 meter, lari 100 meter dan tolak peluru. 

Sebelumnya, skuad Smansa berhasil menjuarai perlombaan tingkat provinsi di beberapa nomor tersebut. Misalnya, juara lari 100 meter Porprov 2022 dan lari 400 meter Porprov Lampung 2022. 

Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers akan diselenggarakan pada 1-3 September 2023. Ribuan pelajar dari ratusan sekolah tentunya siap bersaing untuk meraih titel juara. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES