Para pelajar SMAN 1 Bandar Lampung yang tergabung dalam Smansa Athletics

 

Tim estafet SMAN 1 Bandar Lampung siap bersaing dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Sekolah tersebut akan debut di nomor estafet 4x100 meter putra. Nantinya, penggawa SMAN 1 Bandar Lampung akan diwakili oleh M. Zawil Arri Komara, Fadhillah Dwihans Fariza, M. Hammam Gantari, Arjuna Wira Akbar dan Bagas Avicena Rohmanlinanto. 

SMAN 1 Bandar Lampung sebenarnya berniat mengikuti SAC Indonesia tahun 2022. Hanya saja, penyelenggaraan tahun kemarin masih terbatas pada North Sumatera Qualifiers. Sementara, SAC Indonesia 2023 memperluas jangkauan kepesertaan menjadi Sumatera Qualifiers. "Jadi kami memang mempersiapkan ini sudah sejak tahun lalu," kata Andre Hari Wibowo, pelatih SMAN 1 Bandar Lampung. 

Andre mengatakan bahwa antusiasme peserta SMAN 1 Bandar Lampung untuk SAC Indonesia begitu besar. Apalagi, sekolah tersebut memang mem-branding dirinya sebagai sekolah yang mentereng di cabor atletik. "Sehingga ada kompetisi apapun, anak-anak SMANSA (sebutan untuk SMAN 1 Bandar Lampung) itu selalu senang," lanjut Andre. 

Saat ditanya mengenai persaingan di SAC Indonesia 2023, Andre mengaku optimistis. Pasalnya, catatan waktu latihan dari tim estafet SMAN 1 Bandar Lampung hanya selisih satu detik saja dengan rekor SAC Indonesia yang diperoleh MAN 2 Gresik pada tahun 2022. 

"Masih bisa bersaing saya lihat, mereka pernah juara di tingkat Lampung. Jadi kita coba yang di tingkat Sumatera. Kalau tahun ini belum menjadi kesempatan, kita akan coba tahun berikutnya. Ini sebagian yang ikut ada kelas X dan XI," tambah Andre. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

SMAN 1 Bandar Lampung akan menempuh jarak 1.700 Km menuju Medan. Tempat diselenggarakannya SAC Indonesia Sumatera Qualifiers. Jika ditempuh menggunakan perjalanan darat, butuh waktu sekitar dua hari untuk bisa sampai ke sana. "Mimpi harus kita kejar, kalau dikehendaki bisa pasti berangkat ke Australia, hahaha," pungkas Andre. 

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES