Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers siap digelar pada 1-3 September 2023. Seluruh sekolah dari wilayah Sumatera siap bersaing dalam kompetisi atletik pelajar yang akan digelar di Stadion Unimed, Medan tersebut. Pada penyelenggaraan tahun ini, tercatat ratusan sekolah baru yang mendaftar. Namun, ada juga lho beberapa sekolah juara yang siap mempertahankan gelarnya sebagai Champion.  

Berikut adalah deretan sekolah yang sempat meraih Champion dan akan kembali bersaing tahun ini:

1. SMKN 2 Medan

Siapa sih yang nggak tahu SMKN 2 Medan? Salah satu sekolah kejuruan di Medan Amplas ini merupakan sekolah beprestasi. Tak hanya di bidang akademik. Melainkan juga non akademik. Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers, para siswa SMKN 2 Medan berhasil mencetak juara.

Firli Sahputra dari SMKN 2 Medan berhasil menjuarai lompat jauh putra dalam North Sumatera Qualifiers dan National Championship. Selain Firli, ada juga Floren Kristin Sinulingga yang berhasil membanggakan SMKN 2 Medan. Floren merupakan juara dari tolak peluru putri dalam penyelenggaraan musim lalu. 

SMKN 2 Medan telah mendaftarkan lebih dari 100 peserta dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Tentunya, sekolah tersebut memiliki jagoan lain yang siap unjuk bakat pada tahun ini. Floren dipastikan kembali untuk penyelenggaraan tahun ini. Sementara Firli dipastikan tidak kemali.

2. SMK Jambi

SMK Jambi memiliki jagoan yang patut diperhitungkan. Ia adalah M. Deka Pratama, yang berhasil menjuarai nomor 100 meter putra dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers. Deka juga menjadi wakil sekolahnya untuk bersaing dalam Energen Champion SAC National Championship. Sayangnya, ia belum berkesempatan meraih juara di babak puncak. 

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, SMK Jambi kembali mendelegasikan M. Deka Pratama. Yang akan bersaing pada 100 meter putra. Dengan pengalamannya tahun lalu, Deka tentunya akan tampil lebih maksimal tahun ini. Ia bahkan siap mempertahankan gelar juaranya. 

3. SMKN 1 Teluk Mengkudu

Detik-detik pendaftaran Sumatera Qualifiers ditutup, ada satu nama yang cukup menarik perhatian masuk dalam daftar registrasi. Ia adalah Misrianti. Siswa SMKN 1 Teluk Mengkudu yang berhasil menyabet juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers untuk 100 meter putri. Tahun ini, Misrianti akan kembali bersaing di nomor yang sama. Tentunya ia bertekad untuk mempertahankan gelar juaranya. 

Baca Juga: Siap Gantikan Deretan Rekor North Sumatera Qualifiers 2022?

4. SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan

SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan siap kembali mengukir prestasi dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Novitria Indriarti Hasibuan akan kembali bersaing dalam lompat jauh putri. Pada penyelenggaraan sebelumnya, Novitria berhasil menyabet juara dengan catatan lompatan 4,59 meter. Apakah tahun ini SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan akan kembali memangku juara lompat jauh? Layak kita nantikan.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES