Sosok Firli Sahputra, saat bersaing dalam Athletics Track and Field State Championship di Western Australia.

Nervous bisa terjadi pada siapa saja. Ketika lomba, ketika senang bahkan ketika bertemu dengan orang baru. Semua orang tentunya memiliki kebiasaan unik untuk mengatasi nervous. Tak terkecuali jajaran juara Energen Champion SAC Indonesia 2022. Ada yang punya kebiasaan mendengarkan musik buat menenangkan gugup. Pun ada yang harus menonton video lucu. 

Siapa saja dan punya kebiasaan unik apa para Champion SAC kita?

1. Bayanillah

Bayanillah (SMAN 7 Cirebon) merupakan salah satu juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022. Ia menjadi Winner dalam West Java Qualifiers untuk tolak peluru putra. Kemudian, Bayanillah berhasil menyabet podium pertama untuk Energen Champion SAC National Championship 2022. 

Di luar prestasi dan kepiawaiannya dalam tolak peluru, Bayanillah memiliki kebiasaan unik sebelum berlaga atau di saat ia memiliki banyak waktu luang. Yakni makan permen Chupa Chups. Saat menjalani training camp ke Australia bersama SAC Indonesia, Bayan bahkan membawa persediaan Chupa Chups sendiri dari Indonesia. Menurutnya, permen tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri. 

2. Firli Sahputra

Firli Sahputra merupakan Champion SAC kedua yang ada dalam daftar ini. Ia adalah juara lompat jauh dalam Energen Champion SAC National Championship 2022. Pelajar SMKN 2 Medan itu juga menjadi Winner dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers. Berbeda dengan Bayan, Firli memiliki kebiasaan unik untuk menghibur diri sebelum berlaga. Yakni menonton serial Spongebob Squarepants. Menurut Firli, tingkah Spongebob dapat membuatnya tertawa. "Karena lucu aja gitu lihat dia, ceritanya juga seru-seru. Kadang serius, kadang juga bikin emosi," tuturnya. 

3. Nasywa Athaya

Nasywa Athaya (SMAN 1 Ciamis) adalah juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers untuk nomor tolak peluru putri. Mirip seperti Firli dan Bayanillah, Nasywa juga memiliki hiburan tersendiri. Saat nervous dan butuh hiburan, Nasywa biasanya mendengarkan lagu dari boy group NCT. Ia bahkan secara khusus menggemari Jisung NCT.  Sebagai fans Kpop, Nasywa bahkan juga beberapa kali mengoleksi merch dari group debutan SM Entertainment tersebut. 

Nah, kalau kamu sendiri, apakah memiliki kebiasaan lucu seperti ketiga juara Energen Champion SAC Indonesia? Pasti ada dong

Buat kamu yang ingin masuk ke dalam jajaran juara Energen Champion SAC Indonesia, kamu bisa mengikuti perlombaaan Energen Champion SAC Indonesia 2023 dengan mendaftar dalam tab registration.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES