Sukraj Singh, saat hadir dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers

Pemegang rekor tolak peluru putra Indonesia, Sukraj Singh, menyambut antusias gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Mantan atlet nasional itu mengaku senang ketika tahu SAC Indonesia musim baru bergulir. Yang digelar di Stadion Unimed, Medan, 1-3 September 2023. Pasalnya, Sukraj menggantungkan harapan besar dalam SAC Indonesia. 

Sukraj ingin ada peserta tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 memecahkan rekornya. Apalagi tahun ini peserta Sumatera Qualifiers tak hanya berasal dari Sumatra Utara. Melainkan dari seluruh wilayah Sumatra. "Saya yakin dan berharap pasti salah satu pelajar ada yang berhasil memecahkan rekor saya. Kalau tidak sekarang, mungkin nanti," kata Sukraj.  

Rekor tolak peluru putra Indonesia saat ini adalah 16,87 meter. Yang dicetak oleh Sukraj Singh saat berlaga dalam PON XV di Jawa Timur tahun 2000. Rekor tersebut selama 23 tahun. Melihat potensi besar dari pelajar SAC Indonesia tahun lalu, Sukraj yakin catatan lemparan yang bisa melampaui miliknya. "Sumatra banyak anak Mudanya berbakat di nomor lempar," lanjut Sukraj. 

Sukraj ingin tahun ini lebih banyak wakil dari Sumatera Qualifiers yang dapat mengantongi tiket training camp ke Australia. Kalau tahun lalu hanya Firli Sahputra, Sukraj ingin Champion SAC tahun ini didominasi oleh pelajar dari Sumut. "Kalau bisa jangan satu. Tapi lima sampai enam orang," ungkap Sukraj. 

Baca Juga: Sukraj Singh, Pemegang Rekor Tolak Peluru Indonesia Selama 22 Tahun

Melihat persaingan tahun ini, Sukraj Singh melihat bahwa kemungkinan Sumatera Qualifiers akan unggul di nomor tolak peluru dan lari jarak pendek. Pasalnya, dalam kompetisi beberapa waktu lalu, catatan perolehan pelajar-pelajar Sumatra tak berbeda jauh dengan rekor SAC Indonesia yang baru diperbarui pada 2022. "Saya yakin mereka bisa memberikan yang terbaik," tandasnya.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES