Sosok Rifqi Ramadhana ketika berlatih lari untuk mempersiapkan diri dalam SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers tinggal menghitung hari. Sekolah-sekolah dari seluruh wilayah Sumatra akan berkumpul di Stadion Unimed, Medan, pada 1-3 September. Tak terkecuali SMA Al-Amjad. 

SMA Al-Amjad akan bersaing dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. Mereka mengirimkan peserta sebanyak 20 siswa. Yang tersebar di berbagai nomor lomba. Meskipun begitu, SMA Al-Amjad tidak menerapkan banyak target tahun ini. 

"Saya mengatakan kepada mereka, tidak apa-apa dicoba dulu saja. Kalah dan menang itu urusan belakang. Jika menang, prestasi ini bisa digunakan untuk melanjutkan karier mereka. Terutama yang ingin menjadi AKMIL dan AKPOL," ujar Arifin Saleh Siregar, selaku guru PJOK dari SMA Al-Amjad. 

Pada dasarnya, atletik merupakan olahraga kecintaan para siswa di SMA Al-Amjad. Terutama bagi mereka yang mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menurut Arifin, anak didiknya sering melakukan latihan mandiri untuk mempersiapkan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. "Ibaratnya, ini menyalurkan hobi mereka di olahraga lari," lanjutnya. 

Siswa SMA Al-Amjad, M. Dzakwan, saat melakukan aktivitas olahraga

Arifin begitu yakin anak didiknya bisa tampil dengan maksimal. Ia mengaku hampir setiap hari memberikan motivasi kepada anak didiknya bahwa ini adalah kompetisi pelajar. Bukan atlet profesional. "Saya mengatakan kepada mereka, ini atlet PPLP, SKO dan KKO tidak boleh ikut. Jadi ini kesempatan untuk mereka," kata Arifin. 

Arifin juga begitu mengapresiasi Energen Champion SAC Indonesia. Pasalnya kompetis ini menangkau semua lapisan masyarakat. Khususnya anak sekolah yang memang belum terlatih di bidang atletik. "Ini bisa menjadi batu loncatan bagi mereka yang berasal dari daerah dan jauh dari kota untuk tahu bagaimana rasanya berkompetisi dan menjadi juara. Ini bisa jadi momen yang tentunya membanggakan bagi mereka," tutur Arifin. 

Baca Juga: Perguruan PAB Wilayah IX Sampali Sambut Positif Energen Champion SAC Indonesia

Nantinya, anak didik SMA Al-Amjad akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, yang digelar di Stadion Unimed, Medan. Tepatnya 1-3 September mendatang. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES