Sosok Firli Sahputra saat training camp ke Australia

Firli Sahputra, Champion SAC dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022, mengaku siap mendukung teman-temannya yang akan berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Siswa SMKN 2 Medan tersebut akan datang ke Stadion Unimed, Medan pada 1-3 September 2023. 

"Nanti kalau teman-teman SMKN 2 berjuang di lintasan, pasti saya akan hadir. Pasti saya akan berdoa untuk mereka agar bisa lolos sampai ke tingka National Championship," ungkap Firli, saat ditemui di tengah kesibukannya mengikuti kompetisi Piala Gubernur Sumatra Utara.

Firli Sahputra merupakan salah satu wakil SMKN 2 Medan yang begitu membanggakan. Ia merupakan juara Sumatera Qualifiers untuk lompat jauh putra. Kemudian, Firli Sahputra kembali menyabet juara di babak National Championship. Siswa kelas XI itu kemudian berangkat training camp ke Australia sebagai rewards juaranya. 

"Semoga ada penerus saya. Tapi saya yakin persaingan lompat jauh akan lebih ketat dan sulit. Ada jagoan dari SMAN 2 Kisaran yang jago. Tapi mungkin SMKN 2 Medan unggul di tolak peluru. Dan kami SMKN 2 Medan menyiapkan dengan sungguh-sungguh perlombaan SAC untuk musim ini," kata Firli.

Baca Juga: Bukan Hanya Lompat Jauh, Firli Sahputra Juga Piawai di Pencak Silat

Tahun ini, SMKN 2 Medan akan mengirimkan sekitar 1.000 peserta. Yang akan tersebar di berbagai nomor lomba. Meskipun persaingan tahun ini akan lebih ketat, SMKN 2 optimistis dapat unggul. Sayangnya, Firli tak dapat kembali berpartisipasi. Regulasi terbaru SAC Indonesia menyebut bahwa juara National Championship tidak dapat kembali mengikuti SAC Indonesia. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES