Siswi Pulogadung 07, Maddinah Al-Zhafirah memberikan baton kepada Vanessa Lidya Putri dalam babak final Estafet 8x50 meter, Minggu, 20 November 2022

Usai panen juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers, SDN Pulogadung 07 kembali ke panggung kompetisi SAC Indonesia. Sekolah tersebut akan bersaing di nomor estafet 8x50 meter, Formula One, dan lari jarak pendek 60 meter. Menurut Edi Setri, guru PJOK SDN Pulogadung 07, semangat keikutsertaan sekolah tersebut sama seperti sebelumnya. 

"Meskipun sebenarnya ada salah satu andalan kami yang berhalangan ikut tahun ini karena usianya telah melampaui batas, tetapi sekolah kami tetap giat berlatih. Anak-anak kami tetap antusias," ungkap Edi. 

Tahun ini, Edi kembali berharap anak didiknya bisa tampil dengan maksimal, seperti tahun lalu. Paling tidak, ada beberapa nomor yang diikuti oleh SDN Pulogadung 07 bisa mendapatkan tempat di podium. "Paling tidak, ada beberapa prestasi yang mengikuti," lanjut Edi.

Keikutsertaan SDN Pulogadung 07 juga memiliki goals lainnya. Yakni agar anak didik Edi mendapatkan sertifikat dari SAC Indonesia. Khususnya yang berhasil meraih juara. "Sungguh, sertifikat itu berpengaruh sekali untuk anak-anak saat akan bersekolah di SMP Negeri. Bisa membantu mereka juga. Paling tidak untuk dirinya sendiri," tutur Edi. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023, SDN Pulogadung 07 memanfaatkan ruang ekstrakurikuler dengan baik. Sebagai guru olahraga, Edi juga membantu mengarahkan anak-anak yang berpotensi untuk berlatih di klub. "Jadi memang sekolah kami ini bekerja sama dengan klub bernama FMFF untuk melatih anak-anak," ungkapnya. 

Tak lupa, Edi juga mengapresiasi gelaran Energen Champion SAC Indonesia. Apalagi dengan konsep kompetisi yang bertingkat. Bahkan, Edi ingin bahwa tingkat SD dan SMP bisa melaju ke babak National Championship. "Akan lebih baik lagi, jika anak-anak SD dan SMP bisa melaju ke babak puncak, sama seperti anak SMA. Saya yakin mereka akan lebih termotivasi lagi," lanjut Edi. 

Baca Juga: SDN Pulogadung 07 Juara Lagi, Terbaik di Estafet 8x50 Meter Putri

Skuad dari SDN Pulogadung 07 akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Yang akan diselenggarakan pada 29, 30 September dan 1 Oktober di Jakarta.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES