Sumatra dikenal sebagai wilayah penghasil atlet atletik terbaik Indonesia. Khususnya di nomor lempar. Misalnya, Abdul Hafiz. Yang berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023. Selain itu, ada juga rekor tolak peluru nasional yang masih dipegang oleh atlet asal Sumatra Utara, yakni Sukraj Singh. 

Melihat keunggulan wilayah Sumatra di nomor lempar, besar harapan bagi banyak pihak agar Energen Champion SAC Indonesia dapat membantu memunculkan pelajar dengan minat dan bakat untuk nomor-nomor lempar. Apalagi, Energen Champion SAC Indonesia melombakan nomor tolak peluru. 

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers, gelar juara tolak peluru diperoleh oleh Sukur Niahati Waruwu dari SMAN 2 Bilah Hilir, dengan perolehan tolakan 10,82 meter. Sementara untuk kategori Wanita diperoleh oleh Floren Kristin Sinulingga dari SMKN 2 Medan, dengan perolehan 7,75 meter. 

Dengan perluasan cakupan Sumatera Qualifiers yang tidak hanya di wilayah Sumatera, maka, titel champion untuk tolak peluru ada kemungkinan bukan berasal dari Sumatra Utara. Apalagi, belum ada tanda-tanda keikutsertaan kembali dari Sukur dalam Energen Champion SAC Indonesia. Sementara itu, Floren Kristin Sinulingga dipastikan kembali dalam persaingan tahun ini. 

Baca Juga: Floren Kristin dari SMKN 2 Medan Terbaik di Tolak Peluru Putri

Apakah SMKN 2 Medan atau SMAN 2 Bilah Hilir akan kembali pulang dengan titel champion masih harus kita nantikan. Tidak menutup kemungkinan bahwa SMKN 2 Medan dan SMAN 2 Bila Hilir menyiapkan jagoan baru. 

Nantinya, perebutan titel juara tolak peluru akan digelar dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 22-24 September 2023, di Stadion Unimed, Medan.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES