Yaumil Fauziyah dari MTSN 3 Padangsidimpuan saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Sumatera Qualifiers

Jajaran delegasi dari sekolah-sekolah di Padangsidimpuan siap membuat gebrakan baru dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Setelah mendominasi podium juara dalam North Sumatera Qualifiers 2022, sekolah-sekolah di Padangsidimpuan kembali mengirimkan wakil terbaik mereka tahun ini.

Misalnya, SMKN 2 Padangdisimpuan akan mengirimkan Rahmat Pangidoan Simbolon untuk nomor 1.000 meter putra, SMAN 5 Padangsidimpuan di nomor 1.000 meter putra dan Rayhan Pradana SMPN 2 Padangsidimpuan untuk nomor 800 meter putra. Juga ada Yaumil Fauziyah. Yakni siswi MTSN 3 Padangsidimpuan yang tahun lalu berhasil meraih gelar juara di nomor 800 meter. 

Menurut Suwibno, pelatih dari SMKN 2 Padangsidimpuan, para pelajar di Padangsidimpuan begitu bersemangat dalam menghadapi SAC Indonesia musim baru. Ia yakin bahwa mereka dapat kembali mendominasi podium juara. Begitu mendengar bahwa cakupan regional qualifiers di Sumtra diperluas, Suwibno lebih senang. 

"Justru kami lebih senang. Karena kualitas anak-anak akan lebih teruji. Itu nanti bisa menjadi cerita bagi mereka kepada temannya, bahwa mereka bersaing dengan siswa dari provinsi lainnya.  Bahkan bisa menjadi motivasi bagi mereka. Kompetisi SAC ini juga bisa menjadi pengukuran bagi mereka. Kita siap membuat gebrakan baru," kata Suwibno.

Suwibno sendiri melihat ada hasil positif yang akan diberikan oleh sekolah-sekolah di Padangsidimpuan. Secara khusus, Suwibno ingin wakil-wakil dari Padangsidimpuan bisa kembali ke babak National Championship. "Saya juga berharap bahwa, yang tingkat SMP nanti bisa ke babak National Championship juga," ungkap Suwibno. 

Baca Juga: MTSN 3 Padang Sidimpuan Kawin Gelar di Lari 800 Meter

Nantinya, wakil dari Padangsidimpuan akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 22-24 September 2023, di Stadion Unimed, Medan. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES