Diva Rahmawati Sangaji saat bersaing dalam final Energen Champion SAC National Championship

Runner up lompat jauh putri Jakarta Banten Qualifiers tahun 2022, Diva Rahmawati Sangaji kembali bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Tahun ini, siswi SMAN 110 Jakarta itu ingin kembali memperoleh satu tiket ke babak National Championships. Jika berhasil, ini akan menjadi kedua kalinya bagi Diva untuk bersaing ke babak puncak. 

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers, Diva berhasil meraih podium. Siswa kelas XII itu berhasil mencatatkan jarak lompatan sejauh 4,21 meter. Diva berada di belakang Vallenxia Tanza Gracia, yang sukses meraih titel Winner dengan perolehan lompatan 4,35 meter. 

"Tahun ini pengen jadi finalis untuk nomor lompat jauh putri. Karena tahun kemarin belum berkesempatan untuk jadi finalis. Makanya tahun ini mau fokus untuk latihan lagi. Terus mau memperbaiki beberapa teknik yang masih kurang," terang Diva.

Selain fokus untuk berlatih, Diva bahkan menambah porsi latihan secara mandiri. Di luar jadwal latihan bersama pelatihnya. Diva juga mempelajari beberapa elemen dari lompat jauh yang bisa menambah jarak lompatannya. 

Diva sebenarnya sudah rindu babak National Championship yang diselenggarakan di Jakarta. Pasalnya, SAC Indonesia merupakan salah satu kompetisi atletik bergengsi bagi pelajar. Menurutnya, SAC Indonesia bisa menularkan semangat berkompetisi bagi pelajar-pelajar di Indonesia. 

Diva sendiri sebenarnya juga bukan anak kemarin sore di cabang olahraga atletik. Ia telah menggeluti ibu dari semua cabang olahraga tersebut sejak kelas V SD. Ia awalnya menggeluti nomor lari jarak pendek. Namun, semenjak menjuarai porprov di nomor lompat jauh, Diva menggeluti nomor tersebut. 

Baca Juga: Rekap Hasil Jakarta-Banten Qualifiers Hari Ketiga Jenjang SMA

Nantinya, Diva akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023-Jakarta Banten Qualifiers, yang akan digelar pada 29,30 September dan 1 Oktober 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di Jakarta. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES