Tim dari SMK Sultan Iskandar Muda

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers sebentar lagi digelar. Kompetisi atletik pelajar paling bergengsi ini diikuti oleh banyak sekolah di Sumatra. Termasuk salah satunya SMK Sultan Iskandar Muda. Yang pada penyelenggaraan musim lalu sukses menyabet podium 3rd winner untuk estafet 4x100 meter. 

Tahun ini, SMK Sultan Iskandar Muda semakin serius untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia. Menurut Ima Pareme Oppu Sunggu, guru PJOK di SMK Sultan Iskandar Muda, sekolahnya tersebut mengikuti semua nomor perlombaan. "Tapi karena tahun lalu estafet kami unggul, maka tahun ini nomor estafet jadi target yang utama," katanya. 

SMK Sultan Iskandar Muda punya modal besar dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Pasalnya, sekolah tersebut memiliki ekstrakurikuler atletik yang mewadahi bakat anak-anak. "Kami juga lumayan sering ikut kejuaraan-kejuaraan atletik. Misalnya mengikuti event-event seperti POPKOT atau pun PORKOT," tutur Ima. 

Selain ekstrakurikuler, SMK Sultan Iskandar Muda juga berlatih dengan intens. Tiga kali dalam seminggu. "Bahkan kami terkadang pakai hari Minggu untuk latihan," terang Ima. 

Target Ima beserta roster SMK Sultan Iskandar Muda adalah bisa menembus babak National Championship. Apalagi, regulasi SAC Indonesia 2023 mensyaratkan bahwa pemegang podium 1,2 dan 3 bisa melaju ke babak puncak. "Karena ini event besar, saya pasti mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi dengar kabar regulasi yang baru. Kalau melihat tahun lalu, kita hanya selisih dua detik. Maka dari itu kita berada di posisi tiga," lanjut Ima.

Melihat jangkauan tahun ini semakin luas, Ima fokus untuk menjaga kondisi tubuh roster SMK Sultan Iskandar Muda yang akan berlaga di SAC Indonesia 2023. Selain itu, ia juga memotivasi anak didiknya untuk selalu siap dan waspada. Apapun kondisi event-nya. "Dalam artian, kita tidak boleh menyepelekan lawan dan memiliki ambisi juara," tandasnya.

Baca Juga: Bersaing di Sumatera Qualifiers, SMAN 2 Kisaran Masih Andalkan Lompat Jauh

Delegasi SMK Sultan Iskandar Muda untuk SAC Indonesia 2023 terdiri dari banyak anak baru. Namun mereka tetap antusias menjalani event SAC Indonesia. "Saya melihat euforia tahun lalu itu merinding sekali. Begitu banyak anak-anak yang berpartisipasi. Maka dari itu saya selalu motivasikan ke anak-anak agar semangat," pungkasnya.

Nantinya, SMAN 16 Medan akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, yang akan digelar pada 1-3 September 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di Stadion Unimed, Medan. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES